Cara Mengobati Mimisan Dengan Daun Sirih, Anak Dan Dewasa



Hampir semua orang pernah merasakan mimisan atau hidung berdarah. Istilah kedokteran menyebutnya Epistaksis (epistaxis), merupakan suatu keadaan pendarahan yang keluar melalui lubang hidung. Di beberapa kasus pendarahan hidung berasal dari sinus dan mata. Pendarahan ini bisa saja masuk ke saluran pencernaan yang menyebabkan penderita muntah. Secara tradisional, nenek moyang kita telah mengajarkan cara mengobati mimisan dengan daun sirih. Tanaman ini tidak hanya digunakan sebagai tumbuhan hias, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Cara Mengobati Mimisan Dengan Daun Sirih

Mimisan yang umumnya terjadi karena penderita mengalami trauma, kecelakaan lalulintas, cedera olah raga. Tidak sedikit yang menagalami patah tulang hidung karena cidera, mengorek hidung yang menyebabkan luka. Ada pula penyebab lain karena pertumbuhan tumor hidung, masuknya hewan seperti lintah, peradangan hidung dan sinus. Beberapa penderita penyakit juga mengalami mimisan. Seperti pada penderita hipertensi, demam berdarah, demam cikunguya, hemofilia, autoimun trombositipenic purpura dan leukemia.

Mimisan atau pendarahan hidung disebabkan luka pada lapisan mukosa hidung yang mengandung banyak pembuluh darah kecil. Luka menyebabkan lepasnya mukosa sehingga pembuluh darah mengalami pendarahan. Aliran darah ini akan berhenti setelah darah membeku, dan sebaiknya penderita memiringkan kepala ke depan. Hal ini untuk mencegah aliran darah masuk ke kerongkongan dan lambung.

Cara Mengobati Mimisan Dengan Daun Sirih


Manfaat daun sirih untuk kesehatan sangat banyak. Kandungan bahan kimia yang unik, dan dapat digunakan sebagai obat tradisional keluar darah dari hidung. Senyawa yang terkandung didalamnya adalah cadinene, chavibetol, chavicol, diastase, estragol, fenil propana, hydroxycatechol. Juga mengandung eugenol dan methyl eugenol, kariofilena, minyak esensial, seskuiterpena, terpennena, tanin. Senyawa yang terdapat dalam daun sirih dapat menghentikan perdarahan saat mimisan, dan perdarahan pada luka kulit.

Apabila terjadi mimisan, pertolongan pertama dengan memencet hidung bagian depan selama tiga menit, usahakan bernapas melalui mulut. Kemudian dilanjutkan dengan pengobatan tradisional menggunakan daun sirih. 

Cara mengobati mimisan dengan daun sirih dianggap sangat mudah. Berikut cara menghentikan mimisan dengan daun sirih:
  1. Ambil selembar daun sirih yang masih segar
  2. Cuci bersih, kemudian diremas-remas hingga mengeluarkan wangi khas.
  3. Gulung daun sirih hingga membentuk batang yang disesuaikan dengan lubang hidung.
  4. Masukkan gulungan daun kedalam hidung secara perlahan.
  5. Biarkan selama kurang lebih setengah jam, hingga darah benar-benar kering.

Cara mengobati mimisan dengan daun sirih telah digunakan dalam tradisi di Asia secara turun temurun. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat tradisional mimisan pada anak dan dewasa. Selain sirih hijau, daun sirih merah untuk mimisan juga dianggap efektif. 

Tidak perlu khawatir, sampai saat ini jarang ditemukan kasus kematian disebabkan mimisan. Tetapi perlu diwaspadai, kerusakan pada arteri Maksillaris dapat mengakibatkan mimisan hebat dan sulit disembuhkan. 

Piper Betle, image courtesy of Wikimedia Commons.
Cara Mengobati Mimisan Dengan Daun Sirih, Anak Dan Dewasa Cara Mengobati Mimisan Dengan Daun Sirih, Anak Dan Dewasa Reviewed by Suzy Amelya on 9/08/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.