Cara Menanam Tanaman Dolar Rambat Di Tembok Halus Dan Kasar



Untuk penghuni rumah yang kreatif dan mementingkan kesehatan lingkungan, tentunya perlu memperhitungkan tanaman ini. Tanaman dolar rambat bermanfaat untuk menutupi dinding tembok pagar ataupun dinding rumah. Juga dapat digunakan sebagai tanaman penghias ornamen seperti patung dan taman. Banyak orang mulai tertarik dan ingin mengetahui cara menanam tanaman dolar rambat yang tidak merusak dinding.

Cara Menanam Tanaman Dolar Rambat

Dalam bahasa latin tanaman dollar rambat disebut Ficus Pumila. Nama lain tanaman dolar rambat disebut Climbing fig, Creeping fig, Fig ivy. Dan di Cina disebut P'i-li atau Mu-lien (wood lotus). Tanaman rambat ini merupakan spesies berbunga dari keluarga murbei dan berasal dari Asia Timur. Penduduk Cina, Jepang, dan Vietnam paling banyak membudidayakan yang digunakan sebagai hiasan dan bahan herba. 

Dolar rambat telah dibudidayakan beberapa wilayah Amerika Serikat bagian tenggara dan selatan. Telah lama digunakan sebagai bahan pembuatan obat tradisional, khususnya di wilayah Asia Timur. Saat ini manfaat dolar rambat untuk kesehatan sangat banyak, dapat mengatasi permasalahan pria dan wanita. Selain menghadirkan nuansa hijau, tanaman ini juga dipercaya mampu membersihkan udara kotor disekitar rumah kita.

Bagi Anda yang memiliki rumah ataupun tembok pagar yang bertekstur kasar, dapat memanfaatkan dolar rambat sebagai tanaman hias. Tanaman dolar rambat akan tumbuh baik pada tekstur kasar dibandingkan menanamnya untuk dinding halus. Dalam perencanaan, kita bisa menyiapkan dinding yang kasar atau tidak di plester dengan semen halus. Sehingga pertumbuhan tanaman ini sempurna, akar tanaman kokoh akan mengikat pada dinding kasar. 

Dinding kasar dapat dibuat dengan cara mencampur semen dan pasir, kemudian dibuat plester ke dinding. Sedangkan dinding halus dalam artian dibuat dari material semen tanpa campuran, sehingga permukaan plester tampak halus. Dinding halus dimaksud juga berlaku untuk pemakaian keramik yang sulit ditembus akar tanaman. Bagaimana jika dinding Anda telah dibuat halus dan ingin menanam dolar rambat? Solusi untuk dinding halus juga sangat mudah dan efisien tidak merusak dinding. Jadi tidak perlu khawatir karena tetap kita bisa menanam dolar rambat seperti pada dinding kasar. 

Cara Menanam Tanaman Dolar Rambat


Cara menanam tanaman dolar rambat berpedoman pada perambatan tanaman, dimana tanaman akan menancapkan akar ke permukaan dan menimbulkan kelembaban. Sehingga diperlukan dinding yang memiliki pori-pori agar akar dapat merekat. Berikut ini cara menanam tanaman dolar rambat kecil yang bisa dipraktekkan dirumah:

  1. Potong beberapa batang tanaman dolar rambat sepanjang 10-15 cm, pastikan batang yang terpotong memiliki akar dan rendam selama sehari.
  2. Tanam batang dolar rambat dengan posisi akar tertutup tanah. Apabila lokasi titik terlalu panas atau langsung terkena sinar matahari, sebaiknya pembibitan stek batang dibuat pada polybag kecil. Setelah berusia 2 bulan, kemudian dipindahkan ke tanah.
  3. Siapkan lahan kecil dibeberapa titik pinggiran dinding yang ingin dirambat tanaman. Atur setiap titik dengan jarak 1 meter, buat lubang kedalaman kira-kira 30 cm untuk memasukkan kompos. Pastikan lebar lubang cukup besar, karena disini akan dimasukkan cadangan nutrisi tanaman.
  4. Siapkan tanah yang dicampur dengan kompos tanaman dan sedikit pasir. Dapat ditambahkan dengan sedikit kompos kotoran hewan agar pertumbuhannya subur. Kemudian masukkan kedalam lubang yang telah disediakan.
  5. Pindahkan bibit tanaman dolar rambat ke titik-titik yang telah disediakan. Apabila lubang cukup luas, dapat menanam lebih dari satu bibit sekaligus.
  6. Siram tanaman seminggu 2 kali, atau setidaknya jangan biarkan tanah mengalami kekeringan.


Cara Menanam Tanaman Merambat Di Tembok Halus


Bagi Anda yang memiliki tekstur dinding halus, dapat membuat lubang pori-pori kecil dengan jarak teratur. Caranya sebagai berikut:

  1. Siapkan bor bermata kecil seukuran paku 2 inchi.
  2. Lubangi dinding dengan kedalaman 1-2 cm. Lubang ini nantinya akan dimanfaatkan akar tanaman untuk merekatkan batangnya.
  3. Buat jarak yang teratur, misalnya jarak antar pori-pori berkisar 0.5-1 meter.
  4. Apabila tanaman dolar rambat telah berkembang, perhatikan penyiraman di dinding agar lebih berhati-hati. Tanaman yang belum kokoh di tekstur halus bisa menyebabkan akar terlepas akibat semprotan air.


Untuk tekstur dinding kasar, tentunya tidak perlu membuat pori-pori dinding. Cara menanam tanaman dolar merambat di tembok tidak sulit, sepanjang kita memperhatikan media tanam dan dinding yang akan digunakan. Pertumbuhan tanaman dolar rambat biasanya mencapai satu tahun akan menutupi tembok, jika media tanam cukup nutrisi. Pastikan untuk memangkas agar pertumbuhannya tidak merambat ke lokasi yang tidak diinginkan.

Ficus Pumila, image courtesy of Wikimedia Commons.
Cara Menanam Tanaman Dolar Rambat Di Tembok Halus Dan Kasar Cara Menanam Tanaman Dolar Rambat Di Tembok Halus Dan Kasar Reviewed by Suzy Amelya on 9/05/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.