Cara Menanam Mandevilla, Tanaman Rambat Yang Berbunga Terus



Tidak banyak orang yang membudidayakan tanaman Mandevilla dihalaman rumahnya. Tanaman ini termasuk jenis hiasan indah yang bisa membuat pekarangan meriah, dipenuhi kuntum bunga sepanjang tahun. Mandevilla merupakan genus tanaman merambat tropis dan subtropis dari keluarga Dogbane, Apocynaceae. Tanaman ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1840, dan diberi nama Rocktrumpet. Beberapa tips berikut menjabarkan cara menanam mandevilla pink, putih, ataupun warna hibrid lainnya. 

Cara Menanam Mandevilla, Tanaman Rambat Yang Berbunga Terus

Spesies Mandevilla merupakan tanaman rambat yang berbunga terus dan berasal dari Southwestern Amerika Serikat. Varietas ini juga berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, Hindia Barat, dan Amerika Selatan. Tetapi paling banyak berasal dari hutan Serra dos Orgaos di Rio de Janeiro, Brazil. Nama tanaman ini dinamai sesuai dengan penemu genus, Henry Mandeville, seorang diplomat dan tukang kebun Inggris.

Tanaman Mandevilla berkembang dan tumbuh subur di daerah tropis, paling umum dibudidayakan warna bunga mandevilla pink, putih, kuning, dan merah. Beberapa spesis hibrida juga dikembangkan diantaranya mandevilla amabilis, splendens, dan mandevilla sanderi. Mandevilla dapat dibudidayakan untuk memanjat dinding atau teralis, dibentuk sebagai peneduh atau untuk pagar. Mandevilla sebagai tanaman rambat yang berbunga terus akan menambah keindahan dan rimbun.

Berbeda dengan spesis Mandevilla Scabra, tanaman yang satu ini paling sering digunakan sebagai zat aditif dalam minuman Psychedelic Ayahuasca. Walaupun tidak ada bukti konkrit bahwa tanaman bersifat psikoaktif, tetapi menurut studi dianggap beracun.

Cara Menanam Mandevilla Agar Cepat Berbunga


Ketika membeli tanaman mandevilla, paling umum ditawarkan pedagang dalam keadaan berbunga. Dalam pemindahan tanaman ke media tanam yang lebih besar, bunga Mandevilla membutuhkan tanah berpasir banyak mengandung organik. Cara menanam mandevilla dengan mencampur tanah dengan dua bagian, yaitu lumut gambut yang akan menjadi unsur hara, dan sedikit pasir. Langkah memperbanyak tanaman dengan cara berikut ini:
  1. Cara lain dengan budidaya stek batang, caranya dengan memotong batang tanaman per ruas. Pastikan menyisakan 1-2 lembar daun setiap ruas dengan panjang 10-25 cm. 
  2. Tanam stek ke dalam polibag yang diisi dengan media tanam berupa campuran tanah, kompos dan pasir. Kemudian siram, dan jangan terlalu lembab.
  3. Sungkup stek tanaman dengan plastik bening selama 20 hari. Tehnik ini untuk mengurangi penguapan pada daun.
  4. Setelah melewati 20 hari, atau sudah berakar, lepaskan sungkup. Biarkan selama 3 bulan di polibag kecil hingga perakaran kuat, kemudian pindahkan ke pot yang lebih besar.


Pastikan pencahayaan, tanaman ini menyukai tempat terang yang langsung, tetapi juga bisa tumbuh dibawah tempat teduh. Agar tanaman mandevilla berbunga sepanjang musim panas, berikan pupuk fosfor tinggi, pupuk larut dalam air setiap dua minggu sekali. Hampir sama dengan tanaman jalaran api yang bisa ditanam menutupi pagar rumah.

Lakukan pemangkasan tanaman agar tumbuh tunas baru yang akan menjadi tempat bakal bunga. Pemangkaasan berjarak 1-2 cm dari pucuk batang tanaman. Mandevillas adalah tanaman rambat yang berbunga terus, pastikan menyediakan penyangga, teralis atau tiang pembantu. Simpan tanaman kedalam ruangan apabila suhu diluar mencapai 10 Cesius. Berikan penyiraman rutin, pastikan jangan sampai kering dengan cara menyentuh tanah. Cara menanam mandevilla dan merawatnya dapat dilakukan dirumah dengan mudah, tanaman ini tidak rewel.
Cara Menanam Mandevilla, Tanaman Rambat Yang Berbunga Terus Cara Menanam Mandevilla, Tanaman Rambat Yang Berbunga Terus Reviewed by Suzy Amelya on 9/30/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.