Budidaya Tanaman Creeping Charlie, Pilea Nummulariifolia



Tanaman yang satu ini sangat mirip dengan daun mint, jika belum mengenalnya pasti salah sangka. Tanaman hias yang satu ini lebih familiar disebut Creeping Charlie, nama latin adalah Pilea Nummulariifolia. Umumnya budidaya tanaman creeping charlie paling sering ditanam sebagai hiasan dinding, digantung, dan sebagai penutup permukaan tanah. Kebanyakan orang menyebutnya bunga daun mint, karena warnanya yang hijau dan indah menutupi tanah.

Budidaya Tanaman Creeping Charlie, Pilea Nummulariifolia

Spesis pilea nummulariifolia termasuk tanaman herba Evergreen. Tanaman ini diduga berasal dari Karibia, termasuk Florida dan Amerika Selatan bagian utara. Kelebihan tanaman ini bisa ditanam di dalam rumah, seperti cara merawat dan menanam lidah mertua. Tidak sulit membudidayakan tanaan creeping charlie, dan menyukai tempat yang teduh, jauh dari sinar matahari.

Budidaya Tanaman Creeping Charlie


Di luar negeri, tanaman Pilea nummulariifolia digunakan sebagai groundcover atau penutup tanah. Sebutan lain dikenal sebagai ground ivy berwarna hijau yang banyak tumbuh di hutan tropis Amerika Selatan dan Hindia Barat. Creeping charlie memiliki tekstur daun yang menarik, daun hijau mengkilap dan sering digunakan sebagai tanaman trailing. Sebagai penghias keranjang gantung, Terarium atau Virarium. Terarium atau Virarium, salah satu media atau wadah yang terbuat dari kaca transparan berisi tanaman. 

Seperti pada kebanyakan tanaman hias, creeping charlie yang satu ini tumbuh subur di iklim hangat. Dan pertumbuhan akan cepat jika berada di tempat teduh di dalam dan luar ruangan. Pilea nummulariifolia akan tampak indah jika dimanfaatkan sebagai groundcover, seperti membentuk efek permadani. Adapun budidaya tanaman creeping charlie sangat mudah, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: 
  1. Memperbanyak tanaman dapat dilakukan dengan stek batang. Budidaya dengan bunganya tidak begitu signifikan, paling cepat dengan cara stek.
  2. Siapkan pot lebar ataupun permukaan tanah yang telah dilapisi dengan kompos yang dicampur pasir.
  3. Pastikan pot dan lahan yang akan ditanami terhindar dari sinar matahari, atau tempat teduh dibawah pohon.
  4. Potong setiap batang dengan panjang 10 cm, sisakan 3 hingga 4 helai daun agar tanaman dapat berfoto sintesis.
  5. Tanam setiap batang dengan jarak 20 cm, kemudian siram dengan air.
  6. Jaga kelembaban tanah agar tidak tergenang air. Tanah yang terlalu basah dapat menyebabkan tanaman membusuk.


Budidaya tanaman creeping charlie spesis Pilea nummulariifolia tidak memerlukan perawatan khusus. Kecuali penyiangan dari tanaman gulma yang mengganggu. Pertumbuhan tanaman ini sangat cepat, dalam waktu kurang dari dua minggu stek batang bisa bertunas. Dalam kondisi cuaca panas, pastikan tanah tidak kering dan menyiramnya sehari sekali.
Budidaya Tanaman Creeping Charlie, Pilea Nummulariifolia Budidaya Tanaman Creeping Charlie, Pilea Nummulariifolia Reviewed by Suzy Amelya on 9/19/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.