9 Manfaat Bunga Air Mata Pengantin Untuk Kanker Dan Darah



Tanaman air mata pengantin memang jarang diketahui banyak orang sebagai hiasan pekarangan. Nama latin air mata pengantin adalah Antigonon Leptopus, merupakan genus berbunga di keluarga soba, Polygonaceae. Selain indah, tenyata manfaat bunga air mata pengantin juga dapat meningkatkan kesehatan. Setidaknya ada tiga spesies asli berasal dari Amerika. Yaitu spesis Antigonon S.Watson (lovechain), Antigonon guatimalense Meisn, Antigonon leptopus Hook & Arn. 

Manfaat Bunga Air Mata Pengantin

Air mata pengantin merupakan tanaman merambat, batangnya bercabang dan sistem perakaran umbi. Daun tampak tersusun secara bergantian, bunga tanaman keluar dari ujung batangnya. Jika diperhatikan, bunga berbentuk lonceng memiliki lima tepal. Umumnya bunga berwarna pink atau keunguan, terkadang berwarna kekuningan ataupun putih. Kemudian benang sari tergabung pada dasar bunga dan membentuk tabung.

Di Indonesia, air mata pengantin (Antigonon leptopus) dibawa dari Meksiko dan disebarkan pada masa kolonial Belanda. Air mata pengantin menjadi penghias taman dan pekarangan, dan tanaman ini ini tumbuh sangat cepat menjadi gulma. Tanaman ini sempat menjadi primadona hiasan perkarangan, beberapa rumah menanamnya karena warna bunga yang sangat menarik. Selain itu juga dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit, termasuk batuk dan diabetes.

Manfaat Bunga Air Mata Pengantin


Manfaat air mata pengantin untuk kesehatan telah dibuktikan sejak dahulu sebagai obat tradisional. Umumnya ramuan herba ini digunakan oleh penduduk Amerika, bahkan catatan pengobatan india juga menggunakan herba ini. Ekstrak teh daun dan bunga tanaman mengandung anti-trombin, analgesik, anti-inflamasi, anti-diabetes dan anti peroksidasi lipid. Berikut ini manfaat teh bunga air mata pengantin yang berguna bagi kita:

  1. Air mata pengantin (Antigonon leptopus) dapat dikonsumsi seperti Popcorn. Penduduk asli Baja California memanggang benih dengan cara menempatkannya diatas bara api. 
  2. Penduduk asli Amerika juga menjadikan benih air mata pengantin untuk bahan pembuatan kue, dan terkadang merebusnya.
  3. Seduhan teh panas dari daun bunga air mata pengantin digunakan untuk pencegahan dan pengobatan batuk dan nyeri hidung pada flu.
  4. Senyawa fenolik dikenal sebagai antioksidan kuat, dapat mencegah kerusakan antioksidan pada biomolekul seperti DNA, lipid dan protein. 
  5. Senyawa fenolik dapat mengurangi risiko gangguan kronis seperti penyakit kardiovaskular dan mengobati kanker yang menghambat tahap karsinogenesis in vivo.
  6. Analgesik, dapat dijadikan sebagai obat antiinflamasi/antiradang non-steroid (NSAID), obat paling populer yang digunakan untuk menghilangkan nyeri. Contoh obat-obatan NSAID adalah aspirin, asetaminofen, naproksen, dan ibuprofen.
  7. Tanaman ini mengandung anti-trombin, yang bermanfaat untuk mempercepat membantu proses pembekuan darah. Ini sangat bermanfaat bagi penderita Hemofilia (darah sulit membeku) dan mengobati mimisan.
  8. Kandungan anti-diabetes sangat bermanfaat untuk mengontrol gula darah dan mencegah diabetes
  9. Mengandung anti-peroksidasi lipid dapat mencegah kolesterol, penyumbatan pembuluh darah, dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

Jadi, manfaat bunga air mata pengantin bukan hanya sebagai tanaman hiasan pekarangan. Tetapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Membantu proses penyembuhan dan mencegah datangnya penyakit di usia muda dan hari tua.

Antigonon Leptopus, image courtesy of Wikimedia Commons.
9 Manfaat Bunga Air Mata Pengantin Untuk Kanker Dan Darah 9 Manfaat Bunga Air Mata Pengantin Untuk Kanker Dan Darah Reviewed by Suzy Amelya on 9/09/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.