6 Manfaat Daun Teh Tehan Untuk Kesehatan, Acalypha Siamensis



Tanaman teh tehan paling sering terlihat sebagai hiasan halaman rumah, bonsai dan pagar rumah. Nama latin tanaman teh tehan disebut Acalypha Siamensis, umumnya digunakan untuk membuat pagar tradisional yang membatasi tanah orang lain. Tidak banyak orang yang memanfaatkan tanaman ini sebagai campuran herba tradisional. Tetapi manfaat daun Teh Tehan ternyata tidak hanya untuk pembatas tanah ataupun pagar. Telah lama digunakan sebagai obat alami untuk membantu penyembuhan luka luar. 

Manfaat Daun Teh Tehan Acalypha Siamensis

Teh tehan merupakan genus Acalypha, genus terbesar ketiga dari keluarga Euphorbiaceae. Tanaman ini terdiri dari sekitar 450 spesies. Setidaknya klasifikasi tanaman teh tehan ada 28 spesies yang kini tumbuh subur di Asia Tenggara. Acalypha Siamensis merupakan tanaman asli yang berkembang luas di Thailand, Vietnam, Malaysia Peninsula, Singapura, Indonesia. Di negara kita sendiri, tanaman ini telah tersebar luas diwilayah Sumatera dan Sulawesi. Cara membuat bibit teh tehan pada umumnya stek batang yang telah tua.


Di Indonesia, sejak dahulu orang tua kita telah banyak menggunakan tanaman ini sebagai pagar pemisah atau pembatas tanah. Sangat jarang orang mengetahui manfaat daun teh tehan sebagai obat tradisional. Salah satu alasannya karena tanaman ini dianggap beracun dan sangat tidak dianjurkan untuk di konsumsi.

Manfaat Daun Teh Tehan, Acalypha Siamensis


Ternyata tanaman teh tehan juga mempunyai beberapa manfaat yang bisa membatu kita. Walaupun selama ini teh-tehan dianggap sebagai tanaman biasa tanpa khasiat, tetapi ramuan ini perlu dicoba. Beberapa manfaat daun teh tehan antara lain sebagai berikut:

  1. Bernilai ekonomis, tanaman Acalypha Siamensis dapat dibentuk menjadi bonsai yang sangat indah.
  2. Tanaman teh tehan termasuk pohon perdu yang sangat membantu untuk menghambat suara, atau meredam kebisingan.
  3. Acalypha Siamensis digunakan sebagai tanaman pagar, pembatas tanah sekitar rumah.
  4. Acalypha Siamensis juga dapat membersihkan udara kotor. Terutama untuk menghambat debu yang berterbangan dari pinggir jalan.
  5. Menurut informasi beberpa orang tua, daun teh tehan digunakan untuk pengobatan luar, seperti luka pada kulit. 
  6. Dapat digunakan untuk menyembuhkan demam. Ramuan bubuk atau pasta dioles ke kulit dapat menurunkan panas tubuh.


Tidak banyak manfaat daun teh tehan yang dapat digunakan untuk kesehatan. Menurut studi, tanaman ini dapat membunuh kucing dan anjing, tetapi tidak pada spesis burung. Sehingga disarankan untuk tidak mengkonsumsi daun teh tehan untuk pengobatan penyakit dalam.

Acalypha Siamensis, image courtesy of Wikimedia Commons.
6 Manfaat Daun Teh Tehan Untuk Kesehatan, Acalypha Siamensis 6 Manfaat Daun Teh Tehan Untuk Kesehatan, Acalypha Siamensis Reviewed by Suzy Amelya on 9/04/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.