3 Cara Menanam Bunga Flame Of Irian Agar Cepat Berbunga



Bunga yang satu ini dikenal eksotis dan tergolong mewah karena harganya yang mahal. Flame of Irian terkenal hingga keluar negeri dengan sebutan Scralet Jade Vine, red jade Vine, New Guinea Creeper. Cara menanam bunga flame of irian perlu perhatian dan perawatan khusus agar cepat berbunga dan tampak eksotis. 

Cara Menanam Bunga Flame Of Irian

Seperti halnya kita menyayangi anggrek yang tumbuh dipekarangan dan butuh perhatian. Flame of Irian lebih populer di Indonesia dengan sebutan Kuku Macan, Anggrek Irian atau Bunga Api Irian. Nama latin Flame of Irian adalah Mucuna Bennettii, spesis lain yang dibudidayakan adalah Mucuna Novo-guineensis.

Flame of irian termasuk salah satu spesies tumbuhan berbunga dari keluarga Fabaceae, berasal dari Papua Nugini. Manfaat Flame of Irian untuk kesehatan juga sangat banyak yang dibahas pada halaman yang lalu. Ada banyak spesis Mucuna, genus ini terdiri dari sekitar 100 spesies tanaman merambat dan semak. Umumnya tumbuh di hutan tropis, khususnya Mucuna Bennettii tumbuh di Papua. 

Ciri-ciri daun tanaman berbentuk Tripalmat, bergantian ataupun berputar. Bunga tanaman ini seperti kacang polong tapi lebih besar, dengan kelopak melengkung seperti kuku. Penyerbuk tanaman umumnya kelelawar, dan menghasilkan biji yang dapat mengapung. Bijinya unik, berbentuk tiga lapis seperti mata mamalia besar.

Cara Menanam Bunga Flame Of Irian


Budidaya bunga flame of irian juga harus perhatikan suhu lingkungan. Pada suhu outdoor di bawah sekitar 10 derajat Celsius, tanaman ini harus ditanam di dalam ruangan. Benih tanaman flame of irian dapat dimakan, seperti di Nigeria Timur yang mengkonsumsi biji Mucuna dengan cara merendamnya. Adapun cara menanam bunga flame of irian dapat dilakukan dengan tiga cara:
  1. Pembibitan tanaman dilakukan dengan memilih biji yang berkualitas. Menyemai biji pada wadah berupa poly bag kecil yang di isi dengan campuran tanah, kompos dan pasir. 
  2. Cangkok batang tanaman, metode pencangkokan batang hampir sama dengan tanaman lain. Gunakan coco peat untuk mendapatkan hasil cangkok yang lebih baik.
  3. Stek batang tanaman dapat juga diterapkan untuk tanaman ini, potong batang yang telah tua dan rendam selama 24 jam. Kemudian tanam kedalam tanah yang dicampur dengan kompos dan pasir. Letakkan dibawah tempat yang teduh hingga tunas daun muncul.

Setelah tanaman berusia 4 bulan dapat dipindahkan ke pot yang lebih besar. Pastikan kelembaban tanah tetap terjaga dan jangan terlalu banyak air, kadar pH 6-7. Akar tanaman Flame of irian berupa umbi yang mudah membusuk jika terlalu basah. Tanah terlalu lembab dapat menyebabkan akar berjamur dan mengganggu pertumbuhan tanaman. Di musim panas, jaga agar tanah tetap lembab dengan menyiramnya secara rutin.

Cara menanam bunga flame of irian sebaiknya menggunakan kompos sebagai sumber nutrisi pertumbuhan. Berikan secara berkala pupuk organik dan bersihkan dari gulma yang mengganggu. Agar flame of irian berbunga, berikan pupuk dua kali selama sebulan. Berikan penyangga dari kayu ataupun besi agar tanaman bisa menjalar seperti tanaman anggur. Dan hati-hati dengan pemangkasan keras yang bisa menyebabkan bunga tertunda. 

Flame of Irian, image by Andre Benedito.
3 Cara Menanam Bunga Flame Of Irian Agar Cepat Berbunga 3 Cara Menanam Bunga Flame Of Irian Agar Cepat Berbunga Reviewed by Suzy Amelya on 9/12/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.