11 Khasiat Daun Ivy Untuk Kesehatan Dan Efek Samping



Tanaman ivy saat ini dikenal sebagai tanaman yang merambat pada dinding dan pohon. Umumnya digunakan untuk menghias dinding pagar agar tampak lebih hijau dan melindungi tembok agar tetap awet. Tetapi kebanyakan orang yang menanam tidak mengetahui khasiat daun ivy sangat membantu dalam pengobatan beberapa penyakit. Beberapa manfaat tanaman ivy untuk kesehatan dapat mengurangi peradangan, mengobati sesak nafas, dan mempercepat penyembuhan. Selain itu juga dipercaya dapat mendinginkan perut, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan kulit.

Khasiat Daun Ivy Untuk Kesehatan

Tanaman ini dikenal dengan sebutan English Ivy, nama latin tanaman adalah Hedera Helix, genus Apiaceae. Sekitar 15 jenis Hedera tumbuh dan berkembang di seluruh wilayah Eropa, Afrika, Asia Utara dan Pasifik. Menurut pengobatan tradisional dari Eropa hingga Asia Timur, daun ivy merupakan warisan yang digunakan sebagai obat selama ribuan tahun. Daunnya bisa dikonsumsi dan dioleskan, ada pula ramuan berupa ekstrak dari daun untuk suplemen dan pengobatan dalam tubuh. 

Pertumbuhan tanaman dianggap paling invasif, cepat menyebar dan menutupi wilayahnya. Sehingga apabila menanam ivy dan lupa merawatnya, bukan tidak mungkin seluruh rumah Anda tertup tanaman ivy. Perkembangan yang cepat menjadikan tanaman ini sebagai hiasan favorit untuk menutupi tembok pagar dan rumah. Tetapi terkadang dapat merusak apabila tanaman menjalar tidak terkendali.

Khasiat Daun Ivy Untuk Kesehatan


Khasiat tanaman ini dianggap super, hampir sama dengan manfaat bunga asoka. Kandungan tanaman ivy (Hedera Helix) adalah anti-inflamasi, antiarthritic, antioksidan, antivirus, antispasmodik, antimikroba, dan antitumor. Beberapa khasiat daun ivy yang telah lama digunakan nenek moyang dari seluruh dunia adalah sebagai berikut:

  1. Ekstrak daun Ivy digunakan sebagai bahan pembuatan obat batuk. Bermanfaat sebagai ekspektoran untuk mengobati batuk berdahak dan bronkitis. 
  2. Menurut John Gerard, seorang herbalis Inggris tahun 1597, infusa daun ivy bermanfaat sebagai obat pencuci mata yang sakit. 
  3. Mengandung anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengobati radang sendi, encok, atau rematik.
  4. Anti-inflamasi juga berkhasiat untuk meredakan nyeri akibat luka atau operasi dengan cara dioleskan.
  5. Detoks alami, ramuan daun ivy dapat membantu sistem organ berfungsi lebih baik dengan cara melepaskan racun dari tubuh. Sehingga memurnikan darah dan mengurangi ketegangan antara fungsi hati dan kandung empedu.
  6. Anti bakteri dapat mengurangi rasa sakit dan potensi infeksi luka bakar pada kulit.
  7. Senyawa saponin dapat membantu mengobati iritasi penyakit psoriasis, eksim, jerawat, dan penyakit kulit lainnya.
  8. Kandungan ekspektoran sangat efektif untuk mengobati sesak nafas, asma, infeksi saluran pernafasan dan pembengkakan (Penyakit Paru Obstruktif Kronik).
  9. Mengandung antioksidan yang dapat mencegah penyebaran dan perkembangan penyakit kanker dan penyakit kronis. Dapat menghilangkan radikal bebas dan mencegah mutasi dan apoptosis.
  10. Khasiat daun ivy juga memiliki zat anthelmintik, antiparasit, dan antibakteri. Sehingga dapat digunakan untuk mengatasi cacing, parasit, bakteri merugikan yang hidup didalam usus.
  11. Menurut penelitian NASA, tanaman English Ivy adalah salah satu dari 10 pemurni udara. Tanaman ini bisa membersihkan udara dari toksin benzena, formaldehida, xilena, toulene.

Efek Samping Daun Ivy


Perlu diperhatikan, efek samping daun ivy juga bisa terjadi pada beberapa orang. Daun dapat menyebabkan iritasi dan dermatitis parah pada sebagian orang. Orang yang memiliki alergi hipersensitivitas tipe IV cenderung bereaksi terhadap genus Apiaceae. Jika tanda-tanda reaksi alergi terjadi, seperti ruam, gatal atau gangguan saluran pencernaan, segera hentikan penggunaan.

Khasiat daun ivy dianggap bebas dari efek samping, tetapi jika dosis tinggi dapat menyebabkan rasa mual dan muntah. Efek samping ini disebabkan oleh kandungan senyawa emetine. Tanaman ini mengandung alergen dan falcarinol. Kontak langsung dengan kulit menyebabkan iritasi, dan wanita hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi daun ivy. 

Hedera Helix, image courtesy of Wikimedia Commons.
11 Khasiat Daun Ivy Untuk Kesehatan Dan Efek Samping 11 Khasiat Daun Ivy Untuk Kesehatan Dan Efek Samping Reviewed by Suzy Amelya on 9/07/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.