1001 Manfaat Bunga Asoka Untuk Kecantikan Dan Kesehatan



Bunga Asoka selama ini memang paling banyak dan umum terlihat sebagai tanaman hias didepan rumah. Genus ini memiliki beberapa varian warna sehingga tampak menarik dengan pertumbuhannya yang kerdil. Nama latin bunga Asoka disebut Ixora, paling umum ditanam sebagai hiasan dari genus Ixora Javanica dan Ixora Coccinea. Ternyata tanaman ini tidak hanya sebagai hiasan, tetapi manfaat bunga asoka untuk kecantikan juga telah dibuktikan. 

Manfaat Bunga Asoka Untuk Kecantikan

Tanaman ini merupakan spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari keluarga Rubiaceae. Kemampuannya berperan sebagai astrigent, dalam kosmetik zat ini digunakan sebagai pengencang kulit, pengecil pori-pori. Dan digunakan untuk membuat lapisan pelindung pada kulit.

Bunga asoka meruapakan tanaman semak berbunga yang umum ditanam sebagai hiasan. Tanaman ini berasal dari India Selatan dan Sri Lanka. Umumnya landskap taman memanfaatkan tanaman ini sebagai salah satu semak berbunga. Selain itu, bunga asoka merupakan bunga Nasional di Suriname. Tetapi sampai saat ini banyak orang yang tidak memahami pentingnya tanaman ini untuk kesehatan. Ternyata menurut catatan tradisi pengobatan India kuno, tanaman bunga asoka memiliki 1001 manfaat kesehatan.


1001 Manfaat Bunga Asoka


Setidaknya ada sekitar 500 spesies yang berasal dari genus Ixora, tetapi hanya sedikit yang dibudidayakan. Budidaya umumnya ditanam dalam pot dan membutuhkan cahaya matahari, tidak cocok ditanam dalam ruangan. Beberapa kultivar berbeda warna bunga diantaranya kuning, pink, oranye, dan merah. Kultivar paling populer adalah kurcaci, tinggi tanaman dapat mencapai 1 meter. 

Adapun manfaat bunga asoka untuk kecantikan antara lain:
  1. Bunga asoka mengandung antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas.
  2. Mengandung tonic, senyawa yang umum digunakan untuk hair tonic atau penyubur rambut.
  3. Mengandung astrigent, dalam kosmetik senyawa ini digunakan untuk mengencangkan kulit, pengecil pori-pori. Dan juga digunakan untuk membuat lapisan pelindung pada kulit.
  4. Mengandung antiseptic, sehingga dapat membantu menyembuhkan keputihan.

Selain manfaat bunga asoka sebagai tanaman hiasan, juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Kandungan kimia bunga asoka dan manfaatnya adalah sebagai berikut:
  1. Paling efektif untuk mengobati diare dan menyembuhkan disentri, karena mengandung anti-microba.
  2. Mengandung cytotoxic, senyawa yang dapat menghancurkan sel dan menyerang jaringan. Dapat digunakan untuk terapi kanker.
  3. Mengandung anti inflammatory yang dapat mencegah peradangan kulit, radang tenggorokan dan bronchtis.
  4. Mengandung stomachic, senyawa yang dapat meningkatkan nafsu makan. Sangat baik untuk menyembuhkan anemia. Juga dapat mengatasi kolik, atau rasa nyeri pada perut.
  5. Hati-hati mengkonsumsi bunga asoka, karena mengandung antifertilitas. Senyawa ini dapat menurunkan kesuburan reproduksi wanita. Dapat digunakan untuk melancarkan haid atau menstruasi.
  6. Mengandung sedative, senyawa ini digunakan untuk penenang, meredakan rasa sakit. Dapat digunakan untuk mengobati luka memar dan menyembuhkan kram pada betis.
  7. Mengandung kolagen, agen obat yang mempromosikan pembuangan empedu dan membersihkannya. Bunga asoka bermanfaat untuk membersihkan darah dan membantu melancarkan peredaran darah.

Kandungan kimia bunga asoka lainnya adalah Cyanidin, Flavonoids, Phenolic Acid, Fatty Acids. Juga mengandung senyawa kimia Flavanols, Tanin, Ferulic Acid, dan Lupeol.

Menurut catatan pengobatan tradisional India, Ayurveda, manfaat bunga asoka untuk kecantikan sangat baik. Bagian yang digunakan adalah bunga, daun, akar, dan batang tanaman juga untuk mengobati berbagai penyakit. Genus yang umum digunakan untuk mengobati penyakit dan bermanfaat untuk kecantikan adalah Ixora Coccinea.

Di Indonesia paling banyak menanam genus Ixora Javanica, daunnya lebih kecil dan tumbuh kerdil. Sehingga perlu diperhatikan sebelum menggunakannya sebagai obat herbal, karena kemampuan penyembuhan kedua genus tidak sama. Genus Ixora Coccinea memiliki daun lebih besar dan dapat tumbuh mencapai 1 meter, dan bisa digunakan untuk membuat pagar. 

Reference:

  • Ixora Coccinea Linn.: Traditional Uses, Phytochemistry And Pharmacology. Publish by  US National Library of Medicine National Institutes of Health, 2012.
  • Ixora Coccinea, image courtesy of Wikimedia Commons.
1001 Manfaat Bunga Asoka Untuk Kecantikan Dan Kesehatan 1001 Manfaat Bunga Asoka Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Reviewed by Suzy Amelya on 9/06/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.