10 Manfaat Flame of Irian Untuk Kesehatan Dan Entheogenic



Flame of Irian, salah satu tanaman bunga eksotis yang terkenal diluar negeri berasal dari Irian dan New Guinea. Nama latin Flame of Irian adalah Mucuna Bennettii, umumnya dikenal sebagai pohon jambul New Guinea atau pohon Jade Merah. Spesis lain yang dibudidayakan adalah Mucuna Novo-guineensis atau New Guinea Creeper. Tanaman ini termasuk salah satu spesies tumbuhan berbunga dari keluarga Fabaceae, yang berasal dari Papua Nugini. Selain sebagai tanaman hias eksotis, manfaat Flame of Irian untuk kesehatan ternyata jarang diketahui orang.

Manfaat Flame of Irian Untuk Kesehatan

Spesies ini secara resmi digambarkan pada tahun 1876 oleh ahli botani pemerintah Victoria, Ferdinand von Mueller. Ada beragam spesis Mucuna, setidaknya genus ini terdiri dari sekitar 100 spesies tanaman merambat dan semak hutan tropis. Nama populer Flame of Irian disebut Scralet Jade Vine, red jade Vine, New Guinea Creeper (Mucuna Novo-guineensis). Di Indonesia sebutan lain tanaman ini adalah Kuku Macan, Anggrek Irian atau Bunga Api Irian.

Manfaat Flame of Irian Untuk Kesehatan

Pada umumnya, para pecinta tanaman hias pasti memburu spesis yang satu ini. Karena warna dan bentuknya yang menarik seperti kuku macan. Bibit tanaman ini pun dijual dengan harga tinggi, dan sulit mendapatkannya. Menariknya, selain sebagai tanaman hias ternyata manfaat Flame of Irian untuk kesehatan dapat digunakan sebagai bahan herba. Beberapa diantara spesis Mucuna berfungsi sebagai obat penenang dan untuk terapi halusinasi.

Manfaat Flame of Irian Untuk Kesehatan


Spesis Mucuna berbuah polong dan ditutupi dengan rambut kasar yang mengandung enzim proteolitik mucunain. Beberapa spesis dapat menyebabkan lepuhan gatal saat bersentuhan dengan kulit, seperti spesis Mucuna Pruriens. Tetapi bagian tanaman lainnya memiliki khasiat obat herbal yang bisa mengobati beberapa penyakit. 

Menurut studi, beberapa manfaat Flame of Irian untuk kesehatan dari spesis Mucuna Novo-guineensis dan Mucuna Bennettii adalah sebagai berikut:
  1. Mengobati penyakit saluran kemih
  2. Mengatasi gangguan neurologis dan menstruasi.
  3. Mengobati Konstipasi atau sembelit, kondisi sulit buang air besar secara teratur dan tidak bisa benar-benar tuntas. Ataupun tidak bisa sama sekali. 
  4. Mengobati Edema, akumulasi cairan dalam jaringan yang menyebabkan tangan, pergelangan kaki, kelopak mata dan organ lain membengkak.
  5. Dapat mengobati dan menurunkan demam.
  6. Dapat digunakan sebagai bahan herba untuk menyembuhkan Tuberkulosis.
  7. Mengobati penyakit kulit seperti bisul
  8. Membantu terapi penyakit Parkinson, degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah. Sel saraf ini berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Bahkan spesis Mucuna Pruriens merupakan sumber L-Dopa yang digunakan untuk mencerdaskan otak.
  9. Mengobati penyakit Helminthiasis seperti kaki gajah dan cacingan. 
  10. Biji tanaman mengandung Tryptamine Psychedelic, senyawa ini bersifat halusinogen untuk terapi meditasi dan pengobatan. Di Amerika Selatan, spesis Mucuna Pruriens digunakan untuk pembuatan tembakau Entheogenic. Tembakau ini sebagai zat psikoaktif yang bermanfaat untuk terapi pengalaman mistis atau spiritual.

Manfaat Flame of Irian untuk kesehatan harus digunakan secara hati-hati. Karena jarang orang yang menggunakan tanaman ini sebagai herba karena bagian tanaman lainnya mengandung efek negatif. Misalnya pada bulu yang dapat menyebabkan rasa gatal di kulit. Proses herbal biasanya berupa ekstraksi, misalnya dengan cara merendam daun untuk mengeluarkan zat L-Dopa.

Flame of Irian, Mucuna Bennettii, image courtesy of Wikimedia Commons.
10 Manfaat Flame of Irian Untuk Kesehatan Dan Entheogenic 10 Manfaat Flame of Irian Untuk Kesehatan Dan Entheogenic Reviewed by Suzy Amelya on 9/11/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.