Jamu Ngompol, Resep Obat Tradisional Untuk Anak Dan Dewasa



Banyak anak-anak dan orang dewasa yang ternyata masih ngompol (Enuresis) ketika tidur di malam hari. Masalah ini dianggap sangat serius, terlebih terjadi pada orang dewasa, termasuk memasuki masa remaja. Ada berbagai cara mengobati ngompol, diantaranya dengan terapi medis berupa pemberian obat penenang dan melalui operasi uretra. Tetapi ada juga resep jamu ngompol, obat tradisional yang bisa diberikan untuk anak-anak, remaja dan dewasa.

Jamu Ngompol

Enuresis dalam medis merupakan istilah untuk menyebut kebiasaan mengeluarkan air seni tanpa terkendali pada anak-anak. Kondisi ini umumnya terjadi pada anak-anak yang telah berusia 3 tahun lebih. Ngompol dialami pada saat tidur siang hari atau disebut Enuresis Diurnal, dan ngompol pada malam hari disebut Enuresis Nokturnal. Kebiasaan ini bisa saja berulang sekitar 5 hingga 6 kali dalam seminggu. Penyebabnya bervariasi, karena kebiasaan atau kondisi tertentu yang berdampak pada psikologis.

Dalam beberapa kasus, 1 diantara 100 anak remaja ternyata masih tetap ngompol diusia 15 tahun. Tetapi sebagian besar kasus umumnya sembuh sendiri ketika memasuki usia 10 hingga 15 tahun. Ada dua jenis kebiasaan mengompol yang terjadi pada anak, yaitu:

  1. Enuresis Primer atau PNE, kebiasaan ngompol sejak lahir hingga berusia 5 atau 6 tahun. Kebiasaan ini umum terjadi pada anak-anak yang disebabkan oleh faktor keturunan. Kemungkinan 77 persen seorang anak akan mewarisi riwayat ngompol dari kedua orang tuanya. Dan 44 persen kemungkinan diwarisi anak jika salah satu orang tuanya pernah mengompol. Tetapi bila kedua orang tuanya tidak memiliki kebiasaan mengompol, kemungkinan 15 persen anak akan mengalami ngompol karena faktor lain.
  2. Enuresis Sekunder atau SNE, kebiasaan mengompol muncul kembali saat anak-anak yang sudah berhenti ngompol. Rentang waktu sekitar 6-7 bulan sebelumnya mengompol, kemudian terjadi lagi. Enuresis sekunder bisa saja disebabkan oleh stres kejiwaan, pelecehan seksual, dan kematian anggota keluarga. Juga karena penyakit diabetes, infeksi saluran kencing, alergi dan sembelit.
Menurut medis, umumnya kebiasaan mengompol merupakan keterlambatan perkembangan. Bukan karena masalah emosional ataupun penyakit fisik yang di derita seorang anak. Walaupun faktanya, 5 hingga 10 persen anak mengalami kebiasaan ini karena kondisi medis. Beberapa cara medis dapat diterapkan untuk menyembuhkan kebiasaan ini. Dan ada pula cara lain dengan ramuan dan resep jamu ngompol untuk anak dan dewasa. Dalam medis dapat dilakukan dengan cara berbasis prilaku, penggantian hormon, dan pembedahan pembesaran uretra.

Resep Obat Tradisional Jamu Ngompol


Para orang tua kita telah lama menggunakan obat tradisional untuk mengatasi kebiasaan ngompol di siang dan malam hari. Ramuan ini telah digunakan selama bertahun-tahun dan mampu menyembuhkan sebagian besar kasus ngompol pada anak-anak, remaja dan dewasa. Berikut ini resep jamu ngompol yang bisa dipraktekkan dirumah:

  1. Siapkan 7 butir biji tanaman Duwet atau Jamblang, dan sedikit gula jawa.
  2. Kemudian biji ini digiling sampai halus dan direbus kedalam 2 gelas air.
  3. Tambahkan gula jawa, tunggu hingga ramuan menjadi segelas air.
  4. Ramuan ini diminum segelas setiap hari sekitar jam 5 sore.
  5. Lakukan pengobatan hingga hingga sembuh.
  6. Resep ini juga dapat diberikan kepada orang yang suka kencing atau mempunyai masalah urinary. Termasuk mengatasi dan mengobati kencing manis.
Pada umumnya, kebiasaan mengompol hanya merupakan proses penundaan perkembangan. Pengobatan bertujuan untuk memperbaiki psikologis, mencegah stres, emosional, terutama bagi yang merasa malu dengan kondisinya. Pada sebagian besar kasus, gangguan psikologis disebabkan oleh tekanan, penghinaan, yang tidak dapat dikendalikan anak-anak. Sehingga sangat penting peran orang tua untuk segera mengatasi hal ini lebih serius.

Kebanyakan anak perempuan tetap ngompol di usia enam tahun, dan anak laki-laki tetap ngompol di usia tujuh tahun. Kemudian, 95 persen anak di usia 10 tahun masih mengompol pada malam hari. Sedangkan 0,5 hingga 2,3 persen anak remaja dan dewasa masih ada yang mengalami kebiasaan mengompol. Sudah saatnya mencoba ramuan sederhana ini, resep jamu ngompol dan obat tradisional untuk anak dan dewasa.
Jamu Ngompol, Resep Obat Tradisional Untuk Anak Dan Dewasa Jamu Ngompol, Resep Obat Tradisional Untuk Anak Dan Dewasa Reviewed by Suzy Amelya on 8/11/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.