Cara Merebus Kulit Buah Delima Untuk Mengobati Keputihan



Buah delima atau Pomegranate paling sering kita lihat dijadikan sebagai tanaman hiasan. Nama latin delima adalah Punica Granatum, merupakan tanaman semak belukar berbuah. Banyak orang memanfaatkan buah delima sebagai bahan herba berkualitas. Sejak dahulu, tradisi telah mengajarkan cara merebus kulit buah delima, manfaat kulit buah delima untuk kecantikan.

Cara Merebus Kulit Buah Delima

Tanaman ini berasal dari keluarga Lythraceae yang tingginya bisa mencapai 5 hingga 8 meter. Delima umumnya dijadikan campuran jus, hiasan makanan, pemanis, dan campuran minuman beralkohol. Banyak sekali resep yang digunakan masyarakat untuk mendapatkan kelezatan buah ini. Terlebih manfaat buah delima sangat baik dirasakan untuk memperbaiki kesehatan. Sebaiknya meminum jus delima beserta biji, karena biji banyak mengandung senyawa polifenol.

Setidaknya ada tiga jenis buah delima yaitu delima putih, delima merah, dan delima ungu. Tanaman ini bisa diperbanyak dengan metode stek, tunas akar dan cangkok. Masyarakat kita banyak menggunakannya sebagai tanaman hias yang ditanam dipekarangan maupun pot. Ada pula yang menanamnya sebagai tanaman obat untuk mendapatkan buah segar dan daunnya. Seperti halnya buah yang lain, buah delima dapat dimakan langsung tanpa proses tambahan. 

Dalam catatan tradisional Ayurveda kuno dari India, disebutkan bahwa buah delima dianggap sebagai ramuan pengobatan. Manfaat buah delima dapat digunakan untuk mengobati penyakit gangguan perut, masalah kewanitaan, dan gangguan jantung. Selain itu juga mampu membantu penyembuhan kanker, rematik, kurang darah, perawatan gigi dan diabetes.

Cara Mengolah Dan Cara Merebus Kulit Buah Delima


Buah delima tidak hanya memberi kelezatan sebagai cita rasa minuman dan makanan. Sejak dahulu berbagai ramuan banyak dihasilkan dari campuran buah ini. Setiap bagian buah menghasilkan efek pengobatan berbeda, termasuk cara mengolah kulit buah delima.

Adapun cara merebus kulit buah delima, khasiat kulit delima untuk keputihan dapat dipraktekkan dirumah sebagai berikut:
  1. Ambil buah delima, kemudian kupas hingga diperoleh 5 gram kulit delima. 
  2. Siapkan 6 gram daun beluntas segar, ditambah 5 gram Tapak liman, dan 1 gram Majakan.
  3. Iris kecil-kesil seluruh bahan yang telah disiapkan.
  4. Masukkan kedalam 110 ml air bersih, kemudian rebus selama 15 menit pada suhu 90 derajat Celsius. Gunakan bejana non logam seperti kaca ataupun keramik.
  5. Saring ramuan, ambil airnya untuk diminum sekali sehari. 
  6. Lakukan selama 7 hari.

Resep ini tidak hanya membantu permasalahan kaum wanita, tetapi juga sangat baik dalam menjaga kesehatan. Menurut penelitian, kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah delima jauh lebih tinggi. Nilainya mencapai tiga kali lebih banyak daripada anggur merah dan teh hijau. Cara merebus kulit buah delima diatas dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif sehingga dapat menambah rasa percaya diri.

Pomegranate, image courtesy of Wikimedia Commons.
Cara Merebus Kulit Buah Delima Untuk Mengobati Keputihan Cara Merebus Kulit Buah Delima Untuk Mengobati Keputihan Reviewed by Suzy Amelya on 8/20/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.