Cara Mengolah Daun Ungu Untuk Obat Wasir, Ambeien



Tidak banyak orang yang mengetahui manfaat daun ungu atau daun wungu untuk mengobati penyakit. Daun ungu dalam bahasa latin disebut Graptophyllum Pictum, merupakan tanaman herba yang berasal dari Papua Nugini dan kepulauan Polinesia. Para orang tua kita terdahulu telah mengetahui dan mengajarkan cara mengolah daun ungu untuk obat wasir. Tradisi pengobatan daun ungu pembasmi ambeien telah dipraktekkan secara turun temurun, tetapi kini jarang digunakan.

Cara Mengolah Daun Ungu Untuk Obat Wasir

Dalam perkembangannya, tanaman ini kini telah tersebar keseluruh wilayah Indonesia. Daun ungu dibeberapa daerah disebut juga dengan nama Demung, wungu, tulak, daun temen-temen, karotong, kadi-kadi, dan daun putri. Tanaman yang berasal dari Papua Nugini dan Polinesia kemudian diperkenalkan hingga sampai ke Indo-Cina. Bahkan telah tersebar luas dan tumbuh di Filipina, Semenanjung Malaya, dan Indonesia.

Wasir atau disebut juga Ambeien, merupakan kondisi patologis yang membengkak. Lebih dikenal dengan peradangan Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus. Wasir internal dan eksternal bisa saja muncul dengan cara berbeda. Beberapa orang diantaranya mengalami kedua gejala ini. Penyebab wasir tidak diketahui dengan jelas, bisa saja karena kebiasaan BAB tidak teratur, penyakit diare, kurang olah raga, dan nutrisi rendah serat. Penyebab lainnya karena duduk terlalu lama, obesitas, batuk kronik, dan gangguan fungsi dasar panggul.

Cara Mengolah Daun Ungu Untuk Obat Wasir


Pengobatan tradisional juga menggunakan daun ungu untuk untuk pemakaian dalam. Menurut tradisi dapat mengobati wasir, batu ginjal, hepatitis, dan menurunkan gula darah. Hasil penelitian menyebutkan bahwa daun ungu berfungsi sebagai anti-diabetes. Bahkan efeknya dianggap lebih baik dalam penyembuhan dibanding dengan metformin.

Adapun cara mengolah daun ungu untuk obat wasir yang dapat dipraktekkan dirumah sebagai ramuan sederhana sebagai berikut:

  1. Ambil 7 helai daun ungu yang masih segar. 
  2. Ditambah 7 helai daun duduk, setengah sendok teh menyan madu, setengah tablet Norit.
  3. Seluruh bahan dipipis dan tambahkan air secukupnya.
  4. Ramuan ini diminum seperempat cangkir, sehari sekali. 
  5. Lakukan pengobatan berulang selama 14 hari.


Beberapa pengobatan tradisional lainnya juga menggunakan bahan herba dari tanaman ini. Diantaranya digunakan untuk pemakain luar untuk melembutkan kulit, mengobati penyakit borok dan bisul. Bahkan dianggap sangat membantu untuk mengurangi pembengkakan karena benturan benda keras atau pukulan.

Graptophyllum pictum Bronze, image courtesy of Wikimedia Commons.
Cara Mengolah Daun Ungu Untuk Obat Wasir, Ambeien Cara Mengolah Daun Ungu Untuk Obat Wasir, Ambeien Reviewed by Suzy Amelya on 8/22/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.