Cara Menanam Buah Ajaib, Menyemai Biji Dan Stek Miracle Fruit



Buah ajaib, dalam bahasa latin disebut Synsepalum Dulcificum. Merupakan jenis tanaman berry dengan ciri khas tersendiri. Buah ajaib ketika dimakan akan menyebabkan makanan asam menjadi manis rasanya. Rasa manis ini disebabkan efek miraculin. Cara menanam buah ajaib dapat dilakukan dengan menyemai biji dan adapula yang stek batang.

Cara Menanam Buah Ajaib

Buah ajaib dikenal memiliki kandungan gula rendah dan sedikit manis, mengandung molekul glikoprotein. Juga mengandung rantai karbohidrat yang disebut miraculin yang menyebabkan makanan asam terasa manis. Senyawa miraculin akan mengikat dan menghambat reseptor pada pH netral. Pada pH rendah yang terdapat dalam makanan asam, senyawa ini akan mengikat protein dan mengaktifkan reseptor manis.

Ada dua jenis tumbuhan lain yang juga digunakan untuk mengubah rasa manis pada makanan. Sylvestre Gymnema dan Thaumatococcus Daniellii, kedua kultivar ini juga dapat menggantikan buah ajaib. Bagi Anda yang tidak menyukai rasa asam dapat mencampur makanan dengan buah ajaib. Perubahan rasa berlangsung hingga protein dicuci habis dengan air liur sekitar 30 menit.

Cara menanam buah ajaib yang paling baik di tanah dengan kadar pH 4,5 hingga 5,8. Budidaya tanaman berada di lingkungan yang bebas dari embun beku dan kelembaban tinggi. Tanaman ini juga sangat toleran terhadap kekeringan dan terik sinar matahari. Sehingga terkadang kita tidak perlu terlalu sering menyiramnya, hampir sama seperti cara menanam dan merawat pohon kurma

Cara Menanam Buah Ajaib Dari Benih Pilihan


Adapun beberapa langkah berikut dapat digunakan dalam budidaya buah ajaib untuk dirumah maupun kebun bernilai ekonomis.
  1. Pilih biji buah ajaib yang paling bagus, kemudian pisahkan untuk dijadikan bibit. Benih ini kira-kira seukuran biji kopi.
  2. Kemudian bersihkan biji dari daging buah, kemudian rendam kedalam air mineral selama 2 hari.
  3. Semai biji yang telah dipilih pada media yang telah disediakan. Benih tanaman akan berkecambah dalam waktu 14 hingga 21 hari.
  4. Setelah benih berkecambah, pindahkan kedalam polibag yang berisi campuran tanah, sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1.

Cara Menanam Buah Ajaib Dari Stek Batang


Tanaman ini sangat baik efeknya, sehingga manfaat buah ajaib dapat membantu penderita diabetes. Dalam medis telah digunakan untuk makanan pengidap sakit kanker, menghilangkan rasa logam di lidah. Cara ini digunakan untuk memperbanyak tanaman, metode sederhana yang bisa diterapkan dengan mudah.

  1. Potong batang tanaman dalam keadaan posisi miring agar akar yang dihasilkan lebih banyak. Pastikan alat pemotong sudah steril.
  2. Potong sebagian daun untuk menghindari penguapan berlebihan. Kemudian rendam selama 15 menit kedalam larutan zat penumbuh akar.
  3. Tanam kedalam tanah campuran, kombinasi berupa cocopeat, pupuk organik, perbandingan 1:2.
  4. Letakkan stek pada tempat teduh yang terhindar dari terik sinar matahari.
  5. Lakukan penyiraman setiap minggu dengan air berupa campuran vitamin B1. Lakukan terus hingga tumbuh tunas.
  6. Stek sudah bisa dipindahkan setelah melewati umur 2 bulan. Pindahkan kedalam polibag dengan campuran media tanam berupa sekam dan pupuk kandang, perbandingan 2:1:1.
Tanaman in akan berbuah setelah melewati usia 3 hingga 4 tahun. Perlu diperhatikan, daun bisa saja terserang oleh larva Lepidopterous. Kemudian buahnya berpotensi dipenuhi dengan larva lalat buah. Penyakit lain yang muncul pada tanaman berupa jamur Rigidoporus.

Semakin tua tanaman maka semakin banyak buahnya. Setidaknya setiap tanaman menghasilkan sekitar 10 hingga 20 buah per pohon. Perawatan rutin setelah tanaman dewasa dan berbuah dapat dilakukan dengan cara pembersihan tanaman dari gulma. Pemotongan dahan agar nutrisi lebih fokus pada buah, dan lakukan pemupukan rutin secara berkala. Tanaman ini termasuk jenis tumbuhan Mesofit, sehingga perawatannya hampir sama dengan cara menanam dan merawat alpukat mentega agar cepat berbuah.

Miracle Fruit, image courtesy of Wikimedia Commons.
Cara Menanam Buah Ajaib, Menyemai Biji Dan Stek Miracle Fruit Cara Menanam Buah Ajaib, Menyemai Biji Dan Stek Miracle Fruit Reviewed by Suzy Amelya on 8/10/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.