Agar Pohon Delima Cepat Berbuah Di Pot Dan Kebun



Banyak orang berusaha menanam delima, buah ini paling sering terlihat sebagai tanaman hiasan. Delima disebut juga Pomegranate atau nama latin dikenal sebagai Punica Granatum. Tanaman delima paling banyak dimanfaatkan sebagai bahan herba pengobatan tradisional. Beberapa tips yang dapat diterapkan agar pohon delima cepat berbuah akan dijelaskan pada halaman ini.

agar pohon delima cepat berbuah

Tanaman delima yang umum dibudidayakan adalah delima putih, delima merah, dan delima ungu. Beberapa cara budidaya dapat diperbanyak dengan metode semai biji, stek, tunas akar tanaman, dan cangkok batang. Untuk penanaman dalam pot sebaiknya memilih bibit yang bagus dan diperbanyak dengan cangkok ataupun stek. Cara menanam agar pohon delima cepat berbuah sebenarnya cukup mudah, hanya diperlukan perawatan rutin.

Tanaman delima berasal dari wilayah Iran modern sejak zaman kuno dan berkembang keseluruh dunia. Saat ini paling banyak dibudidayakan di daerah Timur Tengah dan Kaukasus. Juga tersebar luas di daerah Afrika tropis, Asia, dan wilayah Cekungan Mediterania. Delima berasal dari keluarga Lythraceae yang tingginya bisa mencapai 5 hingga 8 meter, dan bisa tumbuh di hampir semua iklim. setidaknya ada 20 manfaat daun dan buah delima untuk kesehatan. Juga telah dikembangkan cara merebus kulit buah delima untuk keputihan.

Menanam Benih Agar Pohon Delima Cepat Berbuah


Hal yang perlu diperhatikan sebelum menanam delima adalah memastikan lokasi penanaman. Tanaman delima harus benar-benar mendapatkan sinar matahari agar dapat berkembang dan subur. Apabila budidaya delima berada di tempat dingin, sebaiknya pilih varietas delima Salavatski atau Kazakhe. Delima Salavatski dapat bertahan hidup dengan suhu minus 21 derajat celcius. Umumnya dikembangkan di daerah Eropa dan dataran tinggi. Beberapa hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Untuk kesuburan media tanam, pastikan kadar pH tinggi dan banyak mengandung alkali. Tanaman delima tumbuh subur dengan kadar pH 7,5 hingga 8.
  2. Media tanaman yang paling baik dan memberikan unsur hara yang cukup berasal dari sampah organik. Atau dapat dijadikan kompos terlebih dahulu sebelum digunakan.
  3. Budidaya dengan biji delima dapat dilakukan dengan cara mengambil buah delima, kemudian bersihkan biji. Biarkan biji mengering selama 3-4 hari untuk mencegah perkembangan jamur.
  4. Tanaman biji yang telah kering dengan kedalaman 0,5 cm dan letakkan pembibitan ditempat yang hangat dan cerah. Tetapi tetap dijaga agar kelembaban tanah tetap terjaga.
  5. Biarkan kecambah tumbuh dan berkembang selama kurang lebih empat minggu. Kemudian pindahkan ke polibag.


Perawatan Agar Pohon Delima Cepat Berbuah


Perawatan tanaman sangat diperlukan untuk memastikan nutrisi yang cukup. Umumnya permasalahan tanaman sulit berbuah karena tidak dilakukan perawatan rutin, tumbuh liar dan kurang nutrisi. Adapun perawatan yang dilakukan agar pohon delima cepat berbuah sebagai berikut:

  1. Lakukan penyiangan rutin, bersihkan tanaman dari gulma yang merugikan tanaman.
  2. Pangkas tanaman secara rutin untuk membantu pertumbuhan tunas baru. Hal ini sangat penting agar tanaman memiliki banyak cabang dan daun.
  3. Apabila telah berbunga, segera lakukan pemangkasan bagian ranting yang tidak berbunga.
  4. Agar pohon delima cepat berbuah, lakukan pemberian nutrisi tanaman, gemburkan tanah. Dapat diberikan pupuk organik untuk pertumbuhan dan perangsang buah. Pastikan saat penggemburan agar tidak merusak akar dan batang untuk menghindari tumbuhnya jamur.


Panen buah disaat yang tepat, buah delima yang telah matang akan terdengar seperti bunyi logam beradu ketika diketuk dengan jari. Ciri buah yang telah matang berukuran antara 5 hingga 12,7 cm. Segera petik, karena jika terlalu lama dibiarkan maka buah akan merekah.

White Pomegranate Tree, image courtesy of Wikimedia Commons.
Agar Pohon Delima Cepat Berbuah Di Pot Dan Kebun Agar Pohon Delima Cepat Berbuah Di Pot Dan Kebun Reviewed by Suzy Amelya on 8/22/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.