20 Manfaat Daun Dan Buah Delima Untuk Kesehatan Tubuh



Buah delima atau Pomegranate paling sering kita lihat sebagai campuran bahan makanan dan minuman. Setidaknya ada lebih dari 20 manfaat daun dan buah delima yang dapat dirasakan setiap orang. Tanaman ini merupakan herba warisan sejak zaman para Nabi, disebutkan dalam Quran dan kitab agama lainnya.

20 Manfaat Daun Dan Buah Delima

Dalam sejarah budidaya tanaman delima berasal dari wilayah Iran modern sejak zaman kuno. Pertanian delima berkembang hingga ke seluruh wilayah Mediterania dan India utara. Saat ini paling banyak dibudidayakan di daerah Timur Tengah dan Kaukasus. Juga di daerah Afrika tropis, Asia, dan wilayah Cekungan Mediterania.

Manfaat daun dan buah delima sangat dirasakan berdampak pada kesehatan tubuh. 100 gram biji buah delima mengandung 12 persen vitamin C, 16 persen vitamin K dan 10 persen untuk Folat. Minyak biji delima mengandung asam punicic 65,3 persen, asam palmitat sebanyak 4,8 persen, asam stearat 2,3 persen, asam oleat 6,3 persen, dan asam linoleat 6,6 persen.

20 Manfaat Daun Dan Buah Delima


Ada 20 manfaat daun dan biji delima bisa didapatkan dengan berbagai cara pengolahan. Yang paling sering kita lihat misalnya sari buah atau langsung memakan buah segar. Beberapa ramuan herba juga menggunakan buah delima dan daun sebagai bahan utama. Diantaranya adalah bagaimana cara merebus kulit buah delima untuk mengobati keputihan. Adapun 20 manfaat daun dan buah delima adalah sebagai berikut:

  1. Meminum jus buah delima dapat mengurangi radang tenggorokan, sakit tenggorokan.
  2. Jus delima juga dipercaya mampu mengobati batuk yang membandel, dan gatal di tenggorokan.
  3. Memakan buah delima bisa mengobati sariawan, panas dalam dan gusi berdarah.
  4. Buah delima ternyata kaya antioksidan, sehingga dipercaya dapat mencegah oksidasi LDL, mengurangi kolesterol jahat. Kandungan antioksidan lebih tinggi dibandingkan dengan segelas red wine, green tea, ataupun orange juice.
  5. Antioksidan ini bisa bermanfaat untuk mengurangi keriput pada kulit sehingga tampak halus bersinar.
  6. Kandungan flavonoid sebagai antioksidan yang kuat untuk mencegah radikal bebas, sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.
  7. Melindungi tubuh terhadap penyakit jantung, kanker kulit, dan kangker prostat.
  8. Ternyata delima juga ampuh mengobati penyakit kuning.
  9. Antioksidan buah delima dapat membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah arteri yang disebabkan kolesterol.
  10. Mengkonsumsi delima mampu meningkatkan sistem imun, kekebalan tubuh terhadap berbagai virus.
  11. Sejak dahulu, buah delima dipercaya mampu mengatasi permasalah pencernaan, termasuk maag dan sakit perut.
  12. Dapat digunakan sebagai herba sakit perut yang disebabkan oleh bakteri, obat disentri dan mengatasi diare.
  13. Menurut tradisi, beberapa pengobatan insomnia menggunakan herba delima.
  14. Sangat ampuh digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti eksim, gatal kulit dan radang kulit.
  15. Mengkonsumsi delima sangat baik untuk menambah ketajaman penglihatan atau penyakit mata.
  16. Sakit pada telinga seperti pembengkakan, radang, dapat dibantu dengan konsumsi buah delima.
  17. Khusus wanita, dapat membantu meningkatkan kecantikan dan kelembutan kulit.
  18. Mengatasi penyakit yang berhubungan dengan organ intim wanita, seperti melancarkan siklus haid dan mengobati keputihan.
  19. Delima juga dipercaya sebagai makanan ampuh untuk mengurangi berat badan, diet terkendali.
  20. Menurut penelitian dari Vanderbilt University Medical Center, orang yang meminum jus lebih dari 3 kali dalam seminggu dapat terhindar dari alzheimer. Sekitar 76 persen orang yang minum jus delima berpeluang terhindar dari penyakit ini, dibandingkan orang yang tidak meminumnya.


Ke-20 manfaat daun dan buah delima untuk kesehatan merupakan sebagian kecil yang dijabarkan. Tak heran para orang tua kita terdahulu menggunakan beragam ramuan dari bahan tanaman ini. Untuk menjaga kesehatan tubuh, memakan sebuah delima sehari sangat dianjurkan untuk mencegah berbagai penyakit.
20 Manfaat Daun Dan Buah Delima Untuk Kesehatan Tubuh 20 Manfaat Daun Dan Buah Delima Untuk Kesehatan Tubuh Reviewed by Suzy Amelya on 8/22/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.