12 Manfaat Kayu Angin Dan Cara Menanam Lumut Jenggot, Usnea



Kayu angin tidak begitu dikenal karena jarang terlihat dan digunakan. Sebenarnya 12 manfaat kayu angin tidak hanya digunakan untuk bahan pembuatan obat tradisional. Tetapi juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias dengan ciri khas tersendiri, seperti cara menanam lumut di pot. Nama latin kayu angin disebut Usnea Thallus, atau nama simplisia kayu angin lainnya disebut Linchen Dasypogus.

Manfaat Kayu Angin

Tanaman ini termasuk genus Usnea Misaminensis (Vain), Usnea Dasypoga (Acharius). Atau termasuk Usnea Sp, dari keluarga Usneaceae. Setidaknya terdapat sekitar 86 spesies Usnea. Usnea merupakan genus dari lumut Frutikosa, morfologi tanaman berwarna hijau keabu-abuan. Tanaman ini tumbuh seperti semak kecil tanpa daun, atau menjuntai diantara kulit kayu atau ranting kering.

Menurut studi, genus dari keluarga Parmeliaceae saat ini tumbuh di seluruh dunia. Spesis Usnea terkadang disebut juga sebagai tanaman jenggot tua atau lumut jenggot, menyerupai Evernia ataupun lumut pohon. Lumut ini merupakan simbiosis jamur dan alga. Dalam keluarga Usnea, jamur termasuk anggota Ascomycota, sedangkan yang termasuk alga adalah anggota Chlorophyta.

12 Manfaat Kayu Angin


Kandungan kayu angin diantaranya zat asam usnaric, thamnolic, lobaric dan stictinic. Kandungan lain diantaranya polifenol, antibiotik, berasa pahit dan hidrat arang. Adapun manfaat kayu angin yang umum digunakan masyarakat antara lain adalah:

  1. Dalam pengobatan tradisional, tanaman ini sering digunakan sebagai astringen.
  2. Kayu angin juga dapat digunakan sebagai ramuan obat disentri, sakit perut, dan mengatasi gangguan pencernaan.
  3. Manfaat kayu angin digunakan sebagai obat antiseptik, mengobati penyakit kulit, obat kumur alami, dan antiseptik wanita.
  4. Digunakan untuk pengobatan bronkitis dengan dahak banyak.
  5. Digunakan dalam terapi kanker, terutama untuk kanker tiroid.
  6. Digunakan sebagai bioindikator, karena cenderung tumbuh di wilayah yang udaranya bersih, dan berkualitas tinggi.
  7. Menurut Paul Bergner, asam usner pada tanaman jenis Usnea sangat efektif membunuh bakteri gram positif. Misalnya tuberkulosis, staphylococcus, streptococcus, dan pneumococcus.
  8. Efektif melawan bakteri yang biasa menyebabkan Pneumonia atau paru-paru basah, dan obat TBC alami.
  9. Spesies Usnea telah digunakan untuk membuat pewarna tekstil. Seperti pembuatan warna oranye, kuning, hijau, biru, dan ungu.
  10. Spesis Usnea barbata juga telah digunakan dalam produksi kosmetik, anti mikroba dan anti jamur digunakan sebagai pengawet dan deodoran.
  11. Kayu angin dan spesis usnea lainnya yang sudah kering digunakan sebagai pematik api (firestarter), karena sangat mudah terbakar.
  12. Tidak seperti lumut Frutikosa lainnya, genus ini memiliki akord elastis atau sumbu yang mengalir di tengah thallus. Sehingga sangat menarik sebagai tanaman gantung untuk hiasan di rumah.

Cara Menanam Usnea, Lumut Jenggot


Mengingat 12 manfaat kayu angin yang cukup menguntungkan, tanaman ini pantas dibudidayakan sebagai bahan herba. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam budidaya dan perawatan kayu angin dan spesis usnea lainnya antara lain:

  1. Ekologi dan penyebaran kayu angin tergolong lambat. Tetapi pertumbuhannya bisa meningkat dalam kondisi dibudidayakan.
  2. Siapkan dahan tanpa daun atau letakkan bibit kayu angin pada ranting yang sedang sekarat. Ini memungkinkan lumut dapat berfotosintesis lebih banyak karena mendapat sinar matahari.
  3. Kayu angin berkembang biak secara vegetatif fragmentasi, sarana aseksual melalui soredia. Ataupun sarana seksual melalui ascogonium dan spermatogonium.
  4. Usnea sangat sensitif terhadap polusi udara, terutama jika terdapat banyak zat belerang dioksida.
  5. Kondisi lingkungan udara yang kotor akan menyebabkan kayu angin akan tumbuh kecil, tidak lebih dari beberapa milimeter.
  6. Kayu angin bisa tumbuh 10 hingga 20 cm jika kondisi lingkungan bersih. Kelebihan tanaman ini bisa dijadikan sebagai bio indikator lingkungan sekitar sehat atau tidak.
Beberapa catatan ilmiah menyebutkan bahwa dalam konsentrasi tinggi, efek samping genus usnea/kayu angin memiliki toksik. Tetapi dengan takaran yang tepat, 12 manfaat kayu angin dapat digunakan sebagai bahan herba ampuh.
12 Manfaat Kayu Angin Dan Cara Menanam Lumut Jenggot, Usnea 12 Manfaat Kayu Angin Dan Cara Menanam Lumut Jenggot, Usnea Reviewed by Suzy Amelya on 8/16/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.