6 Obat Tradisional Mata Ikan, Kutil Telapak Kaki Dan Tangan



Penyakit kulit yang satu ini dianggap sangat menjengkelkan, selain terasa sakit, pengobatannya juga melalui operasi kecil. Suatu hal yang tidak menyenangkan, jika kutil muncul pada jari lentik seorang wanita. Kutil Plantar juga disebut mata ikan ataupun bubulen, salah satu penyakit kulit yang terjadi pada telapak tangan dan jari kaki. Gejala ini disebabkan oleh inveksi Human Papilloma Virus (HPV). Ada beberapa obat tradisional mata ikan, kutil pada telapak kaki dan jari tangan tanpa operasi medis.

Obat Tradisional Mata Ikan, obat Kutil Telapak Kaki Dan Tangan

Mata ikan atau kutil plantar merupakan lesi kecil yang muncul di permukaan kulit. Ciri-cirinya menyerupai kembang kol dengan pendarahan kecil berwarna hitam di bawah kulit. Terkadang mirip dengan kapalan atau biji jagung, tetapi ditandai dengan kulit striae mengelilinginya (kelainan garis-garis putih). Pada umumnya kutil plantar menyakitkan ketika terjadi penekanan di kedua sisi lesi dibandingkan menekannya secara langsung. Penyakit mata ikan banyak terjangkit pada anak-anak dibandingkan orang dewasa, karena penyakit ini mudah menular. 

Kutil plantar umumnya membatasi diri, mudah menular, dan pengobatan medis biasanya mengurangi gejala dan melakukan operasi kecil. Penyakit ini termasuk tumor epitel yang disebabkan oleh infeksi virus HPV tipe 1, 2, 4, 60, 63. Juga disebabkan oleh HPV tipe 57, 65, 66, dan 156. Jika memiliki teman yang terjangkit kutil plantar, berhati-hati terlebih ketika berjabat tangan. Virus dianggap membahayakan, penularan melalui kontak langsung, masuk dari luka kecil, lecet, dan lapisan stratum korneum.


Virus juga menular melalui permukaan yang terinfeksi seperti ruang ganti, tempat duduk, kolam renang, handuk, sarung tangan, sendal dan sepatu. Gejala tidak disadari, kutil atau mata ikan tidak muncul selama beberapa minggu bahkan berbulan-bulan. Tetapi tekanan pada telapak kaki dan jari akan mendorong virus ke lapisan kulit keras dan membentuk kutil. Mata ikan menyebar melalui autoinokulasi, dengan menginfeksi kulit terdekat, menyatu, kemudian berkembang menjadi kelompok mosaik.

Obat Tradisional Mata Ikan, Kutil


Beberapa obat tradisional mata ikan, kutil pada telapak kaki dan tangan dapat dicoba dirumah. Metode praktis ini bisa mengeluarkan mata ikan sampai pada akarnya, tanpa operasi. Berikut ramuan herba yang mudah ditemukan disekitar kita:
  1. Obat mata ikan ampuh dengan pepaya muda:
    1. Ambil buah pepaya muda dan dihaluskan, dengan takaran cukup untuk menutupi kutil.
    2. Pasta halus ini ditempelkan pada kutil atau bubulen.
    3. Balut dengan kain kasa, lakukan 2 kali sehari.
  2. Menghilangkan kutil plantar dari cuka apel:
    1. Tuangkan cuka apel kedalam gelas kecil.
    2. Rendam kutil kedalamnya selama 30 menit. Setelah itu olesi mata ikan/kutil dengan cuka apel, kemudian dibalut kain kasa.
    3. Lakukan 2 kali sehari, selama 4-5 hari.
  3. Cara menghilangkan mata ikan dengan bawang putih:
    1. Ambil satu siung bawang putih, kemudian giling hingga halus.
    2. Bersihkan tangan dan kaki, lalu oleskan pasta bawang pada kutil. Tetapi jangan sampai terkena bagian kulit yang sehat.
    3. Tutup dengan kain kasa agar tidak terlepas, lakukan 2 kali sehari.
  4. Cara mengobati mata ikan tanpa operasi dengan kapur sirih:
    1. Ambil kapur sirih halus, kemudian dicampur air.
    2. Pasta ini dibalur pada permukaan luka mata ikan.
    3. Kemudian tutup dengan kain kasa, lakukan 2 kali sehari, selama 4-5 hari.
  5. Mengobati mata ikan/bubulen dari herba ceremai:
    1. Ambil sedikit akar segar tanaman ceremai
    2. Kemudian ditumbuk hingga halus, dan tempelkan pada permukaan kutil.
    3. Tutup dengan kain agar tidak terlepas.
  6. Menggosok mata ikan dengan batu apung:
    1. Ambil batu apung yang sudah dibersihkan. 
    2. Isi baskom dengan air hangat dicampur sabun mandi.
    3. Rendam tangan dan kaki selama 20 menit, kemudian gosok mata ikan dengan batu apung perlahan-lahan. 
    4. Perhatikan kulit bagian atas mulai rontok, hentikan bila terasa sakit dan berdarah. Setelah itu tutup luka dengan kain kasa.

Obat tradisional mata ikan, bubulen, kutil pada telapak kaki dan tangan tersebut merupakan resep alami. Mengobati mata ikan tanpa operasi dengan bahan herba telah lama dilakukan orang tua kita. Umumnya dosis penggunaan ramuan 2-3 kali sehari, selama 3-7 hari. Tidak lebih dari seminggu, maka kutil plantar/mata ikan/bubulen akan terlepas ataupun hancur dengan sendirinya. Jika tidak terlepas, maka dapat mencabutnya dengan perlahan menggunakan pinset bersih. Operasi kecil mandiri seperti ini hanya merasakan sedikit rasa sakit karena kutil sudah lunak.

Referensi

Human Papillomavirus, by eMedicine, January 2017.
6 Obat Tradisional Mata Ikan, Kutil Telapak Kaki Dan Tangan 6 Obat Tradisional Mata Ikan, Kutil Telapak Kaki Dan Tangan Reviewed by Suzy Amelya on 7/20/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.