4 Obat Tradisional Penyakit Kulit Psoriasis Dan Resepnya



Penyakit ini tidak banyak diketahui orang, dan banyak yang tidak sadar sedang mengidap penyakit kulit psoriasis. Psoriasis merupakan penyakit Autoimun yang terjadi pada kulit. Gejala umumnya ditandai dengan kulit bersisik, berlapis, berwarna keperakan, kulit tebal kemerahan, gatal dan perih. Beberapa penderita juga banyak yang menggunakan obat tradisional penyakit kulit psoriasis, mereka sembuh ketika rutin mengobatinya.

Obat Tradisional Penyakit Kulit Psoriasis

Penderita terkadang melepaskan sisik, hal ini akan menimbulkan bintik perdarahan dibawah kulit. Gejala sering muncul pada kuku, umumnya terlihat bintik putih dan ada pula yang mengalami penebalan kuku. Inflamasi kronis pada penderita akut mengalami perluasan hingga keseluruh tubuh dan dapat mengancam jiwa. Pada kulit kepala, gejala tampak bersisik besar dan penebalan berwarna kemerahan, biasanya melewati batas rambut.

Inilah Penyakit Kulit Psoriasis


Psoriasis juga sering terlihat pada siku dan lutut, mengenai wajah, lipatan lutut dan siku, kelamin, telapak tangan dan kaki. Rasa gatal pada kulit yang terinfeksi, menurut gejala yang terjadi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis:
  1. Psoriasis Vulgaris atau plak, sekiatr 80 persen penderita mengalami jenis ini dengan gejala ruam kemerahan, kulit bersisik. Plak ini biasanya sangat terasa gatal dan perih, pada kulit lutut dan kepala.
  2. Psoriasis Gutata, penyakit yang muncul sebagai akibat dari reaksi sistem kekebalan atau sistem imun tubuh. Ditandai dengan ruam bersisik, bintik seperti cacar (pustular), dan terjadi ketika mengalami infeksi radang tenggorokan.
  3. Psoriasis kuku, dapat menyebabkan perubahan pada warna kuku, cekungan kecil, pertumbuhan kuku tidak wajar dan kuku mudah lepas.
  4. Psoriasis inverse, terjadi pada lipatan kulit ketiak, selangkangan, pantat dan dibawah payudara. Merasakan ruam kulit dan semakin parah apabila terkena keringat dan gesekan pakaian, sangat mengganggu penderita yang gemuk dan yang mempunyai lipatan kulit yang dalam.    
  5. Psoriasis scalp (kulit kepala) terjadi pada sebagian kepala, seperti ketombe. Banyak yang mengalaminya diseluruh kulit kepala, dan pada penderita psoriatik eritrodermis akan mengalami rambut rontok.
  6. Psoriasis Eritrodermis, jenis ini sangat berbahaya yang menyebabkan seluruh kulit menjadi merah matang dan bersisik, dan mudah terkena infeksi.   
  7. Psoriatik arthritis, terjadi pada peradangan sendi yang menyebabkan rasa nyeri, membengkak dan kaku. Dapat menyebabkan sendi menjadi kropos.    

Obat Tradisional Penyakit Kulit Psoriasis


Untuk mengatasi dan mengobati inflamasi dapat menggunakan obat tradisional penyakit kulit psoriasis dengan cairan dan pasta herba sebagai berikut: 
  1. Air rebusan herba Dendelion. 
    • Ambil 10 gram akar dan daun tanaman Randa Tapak atau Dendelion. 
    • Masukkan kedalam air 110 ml, kemudian dijadikan infusa. 
    • Air diminum dalam sehari, pagi dan sore.
  2. Cairan infusa Patikan Kebo sebagai anti-inflamasi
    • Siapkan 10 gram daun dan batang patikan kebo yang sudah dicuci bersih. 
    • Masukkan kedalam 110 ml air, kemudian dibuat menjadi infusa, persediaan herbal. 
    • Minumkan 100 ml cairan infusa dalam sehari, setiap pagi dan sore. Cairan ini juga dapat digunakan untuk mencuci inflamasi psoriasis.
  3. Gel lidah buaya sebagai pelembab kulit. 
    • Ambil daun lidah buaya secukupnya. 
    • Kupas kulitnya, kemudian oleskan pada kulit yang gatal dan kemerahan. 
    • Lakukan secara rutin sehari 3 kali.
  4. Pasta pelembab kulit dari kulit buah pisang. 
    • Siapkan 4 buah kulit pisang kuning yang sudah matang. 
    • Kerok bagian putih yang terdapat pada bagian dalam kulit pisang. 
    • Oleskan pada permukaan kulit, dan biarkan selama 30 menit. 
    • Lakukan setiap pagi dan menjelang tidur.

Penggunaan cairan herba obat tradisional penyakit kulit psoriasis untuk diminum dapat dipilih salah satunya. Begitu juga dengan obat luar, pilih salah satu herba yang tersedia disekitar kita. 

Referensi

  • Questions and Answers About Psoriasis, by NIH, 22 April 2017.
  • Psoriasis on the toenails, image courtesy of Wikimedia Commons.
4 Obat Tradisional Penyakit Kulit Psoriasis Dan Resepnya 4 Obat Tradisional Penyakit Kulit Psoriasis Dan Resepnya Reviewed by Suzy Amelya on 7/16/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.