3 Resep Daun Cincau Untuk Asam Lambung, Maag, Keracunan Seafood



Daun cincau atau nama latin disebut Cyclea Barbata Miers, merupakan tanaman berbunga yang bermanfaat sebagai obat herba. Tanaman ini juga digunakan untuk membuat jeli hijau atau cincau hijau. Jeli ini telah dikenal di manca negara termasuk China, Asia Tenggara, Myanmar dan Taiwan. Dalam tradisi, resep daun cincau untuk asam lambung telah lama digunakan turun temurun. Sangat baik digunakan dalam pengobatan radang lambung, typhus, dan penyakit usus.

Resep Daun Cincau Untuk Asam Lambung

Cincau juga dikenal dengan nama lain diantaranya grass jelly, leaf jelly, juju atau kepleng, camcauh, tarawalu, daluman. Jenis tanaman yang digunakan untuk membuat jeli diantaranya cincau perdu (Poliumum Melastoma), cincau hijau (Cyclea barbata), cincau Cina (Cocculus Orbiculatus), cincau minyak (Stephania Japonica dan Stephania Capitata). Proses pembuatan cincau sangat mudah dan tidak memerlukan pemanasan. Cukup dengan mencampur ekstrak daun dan air, dan tunggu dalam waktu 1 jam. Ektraksi 5 gram daun cincau hijau menggunakan air sebanyak 50 ml akan membentuk gel paling cepat 60 menit.

Dalam tradisi pembuatan jelly, cincau hijau sangat terasa berbeda dibandingkan dengan cincau hitam. Rasanya hampir tidak pahit dan beraroma daun, rasanya netral, dan umumnya dikonsumsi dengan sirup, santan, dan air gula. Sifat kimia yang terkandung diantaranya karbohidrat yang dapat menyerap air, zat lemak dan alkoloid siklein, kardioplegikum, tentradine dan dimetil tentradine, polifenol, saponoid dan flavonoida. Umumnya efek farmakologis yang diperoleh ketika mengkonsumsi akan merasakan rasa agak manis, bereaksi sebagai anti demam, anti racun, dan menurunkan tekanan darah.

Dalam pengobatan tradisional, rimpang dan daun cincau digunakan sebagai persediaan herba. Sehingga banyak masyarakat yang membudidayakan tanaman dengan cara stek batang ditempat terbuka dan sedikit terlindung. Budidaya tanaman ini dianggap sangat mudah sekali, sehingga tumbuh subur di kebun-kebun kecil dan pekarangan rumah. 

Resep Daun Cincau Untuk Asam Lambung


Asam lambung akan sangat mengganggu sekali apabila datang dengan tiba-tiba. Gejala ini membuat kita meninggalkan aktifitas dalam bekerja, dan tidak selera makan. Asam lambung juga dapat disebabkan oleh keracunan seafood, misalnya keracunan makan udang, kepiting, dan kerang. Untuk mengatasi gejala menyakitkan seperti ini, kita gunakan resep daun cincau untuk asam lambung dan keracunan seafood. Ramuan sebagai berikut:
  1. Mengobati gangguan pencernaan, maag terasa nyeri, dan keracunan seafood:
    • Ambil segenggam daun cincau, kemudian diremas dengan air sampai menjadi hijau
    • Biarkan air hingga menjadi jelly.
    • Minum cincau dicampur dengan gula jawa. Ramuan ini berfungsi untuk mendinginkan dan menetralkan lambung.
  2. Mengobati radang lambung, typhus dan penyakit usus:
    • Sediakan 50 gram daun cincau segar yang sudah dicuci bersih. 
    • Haluskan dengan cara digiling, dan tambahkan 4 gelas air kemudian diremas
    • Saring air dan diamkan sampai mengental. 
    • Tambahkan gula sebanyak 5 sendok teh
    • Ramuan ini diminum 3 x sehari.
  3. Apabila terjadi demam yang disebabkan gangguan pencernaan:
    • Ambil 10 gram rimpang cincau, kemudian di iris-iris sampai halus.
    • Seduh irisan kedalam 110 ml air panas, tunggu hingga hangat. 
    • Minum seduhan dalam keadaan hangat, lakukan 3 kali sehari.

Resep daun cincau untuk asam lambung dan keracunan seafood sangat mudah diterapkan dirumah. Apabila kesulitan mencari herba daun cincau, dapat membeli yang sudah berbentuk jelly. Tetapi manfaatnya jauh berbeda, karena umumnya jelly cincau yang ada dipasaran sudah bercampur dengan pewarna dan pengawet.

Kandungan flavonoid pada cincau hijau rambat berkisar 3,0-glikosida flavonol. Dimana senyawa ini bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan menekan pertumbuhan tumor payudara, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk menekan pembentukan radikal bebas dalam tubuh, dan memperbaiki motilitas spermatozoa.
3 Resep Daun Cincau Untuk Asam Lambung, Maag, Keracunan Seafood 3 Resep Daun Cincau Untuk Asam Lambung, Maag, Keracunan Seafood Reviewed by Suzy Amelya on 7/19/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.