Obat Tradisional Asma Akut, Bronkhitis, Selesma, Dari Bawang Putih



Asma merupakan peradangan kronis, penyakit ini menyerang saluran pernafasan yang ditandai dengan berbagai gejala berulang. Gejala umum yang biasanya terlihat adalah munculnya mengi, batuk, dada terasa berat disertai sesak napas. Beberapa warisan budaya Asia telah mengajarkan bagaimana membuat obat tradisional asma akut, bronkhitis dan selesma, dengan ramuan herba bawang putih. Resep ini bisa dipraktekkan dan digunakan dengan aman untuk mengobati penyakit saluran pernafasan.

Obat Tradisional Asma Akut

Penyakit asma bisa saja disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan. Asma akut disebut juga sebagai serangan asma, gejalanya sesak nafas, mengi, and rasa berat di dada. Dan beberapa orang mempunyai gejala gangguan aliran udara sehingga suara mengi tidak terdengar. Gejala lainnya juga berimbas pada warna biru di kulit dan kuku akibat kekurangan oksigen.

Obat Tradisional Asma Akut, Bronkhitis, Selesma


Beberapa penderita asma tanpa gejala selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, kemudian tiba-tiba berkembang menjadi asma akut. Setiap orang memiliki reaksi berbeda terhadap berbagai faktor, diantaranya debu, ketombe pada rambut kucing dan anjing, kecoa dan jamur, dan parfum. Faktor psikologis seperti stress dan bakteri pada saluran pernapasan atas juga dapat memperburuk penyakit asma. 

Bronkitis merupakan infeksi pada saluran pernapasan utama, dimulai dari paru-paru yang menyebabkan peradangan pada saluran. Sedangkan selesma biasanya memiliki gejala yang lebih ringan daripada flu, tetapi tidak menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih parah. Selesma merupakan infeksi virus pada sistem pernapasan diantaranya rhinoviruses, RSV, parainfluenza virus, adenovirus dan coronavirus. 

Bagaimana cara membuat obat tradisional asma akut, bronkhitis dan selesma menggunakan bawang putih? Bawang putih atau Garlic, dalam bahasa latin disebut Allium Sativum, tanaman dari genus Allium. Sampai saat ini bawang putih merupakan bahan utama disebagian besar masakan berbagai daerah seluruh dunia. Berbagai penelitian telah menguji bawang putih dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan diantaranya untuk menurunkan berat badan, mengencerkan darah kental, mencegah hipertensi, mengatasi penyakit pernafasan, anti-bakteri, anti-oksidan dan herba anti-kanker.

Adapun manfaat bawang putih digunakan sebagai diaforetik, ekspektoran, spasmolitik, antelmintik, antiseptik, antikoagulan, antikistamin, bakteriostatik. Berikut ini cara mengolah bawang putih untuk obat tradisional asma akut, bronkhitis, dan selesma:
  1. Siapkan 5 gram bawang putih, 1 gram kulit kayu Mesoyi (Cryptocarya Massoy (Oken) Kosterm), 2 gram patikan kebo, 1 gram herba adas, 3 gram Kapulaga.
  2. Haluskan semua herba diatas, kemudian tambahkan 110 ml air hangat dan disaring. 
  3. Didihkan air perasan sebentar, ramuan ini sekali minum 100 ml, lakukan 2 kali sehari secara rutin hingga sembuh. 
  4. Untuk menjaga kestabilan agar asma tidak kambuh, minum sekali setiap 2 hari. 

Kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam bawang putih adalah belerang, protein, lemak, dialilsulfida, alilprophil-disulfida, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C. 

Referensi

  • Asthma: Clinical expression and molecular mechanisms. Publish by Journal of Allergy and Clinical Immunology, 2010.
  • Garlic and Other Alliums: The Lore and the Science. Publish by Royal Society of Chemistry, 2010.
  • Garlic, image courtesy of wikimedia commons.
Obat Tradisional Asma Akut, Bronkhitis, Selesma, Dari Bawang Putih Obat Tradisional Asma Akut, Bronkhitis, Selesma, Dari Bawang Putih Reviewed by Suzy Amelya on 6/18/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.