Manfaat Bidara Upas Untuk Kanker, Paru, Dan Cara Mengolahnya



Banyak orang yang masih tidak mengetahui manfaat Bidara upas untuk kanker. Nama latin tanaman ini adalah Merremia Mammosa, disebut juga Widara upas. Bidara upas merupakan salah satu tanaman ubi yang merambat, membelit, daun berbentuk jantung. Bunga tampak lonjong berwarna putih, berumbi seperti ubi jalar. Umumnya ditemukan di hutan, dan adal juga yang menanamnya di pekarangan.

Manfaat Bidara Upas Untuk Kanker

Manfaat bidara upas untuk kanker saat ini telah dijadikan sebagai obat alternatif, dan baru digunakan pada awal abad ke-20. Kandungan kimia yang terdapat dalam umbi tumbuhan ini dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit, tetapi tidak dapat dijadikan sumber karbohidrat. Senyawa kimia dalam umbi bersifat sejuk, analgesik, dan mentralkan racun. Umumnya digunakan sebagai bahan herba untuk menyembuhkan penyakit organ pernafasan, seperti tuberculosis. 

Manfaat Bidara Upas 


Bidara upas tumbuh merayap atau membelit, panjangnya dapat mencapai hingga 6 meter. Ciri daun berbentuk bulat telur melebar dan pangkal daun berbentuk hati. Ciri umbi mirip kentang, berbeda dengan Merremia Peltata walaupun satu genus, umbi berkumpul hingga 6 buah dan berat mencapai 5 kg atau lebih di lahan subur. Warna kulit umbia kuning kecoklatan, berkulit tebal dan bergetah putih.

Bidara upas berbunga majemuk 1 hingga 4 kuntum yang membentuk payung dan berwarna putih. Bunga ini akan menjadi buah dan kelopaknya tidak gugur. Biji buah berwarna kelabu dan pinggirannya yang berbulu kecoklatan.

Manfaat bidara upas untuk kanker dipengaruhi oleh kandungan kimia seperti damar, resin, pati, zat pahit. Umbi Bidara Upas sudah sering digunakan untuk terapi pengobatan kanker, zat oksidase pada getah segar sangat manjur untuk pengobatan kanker alternatif. Selain itu, manfaat bidara upas juga bisa mengobati demam, batuk, serak, difteri, radang tenggorok, radang paru, radang usus buntu, typhus, sembelit, batuk dan muntah darah, obat kencing manis, keracunan, gigitan ular, kusta, dan syphilis (Luns). Berikut ini merupakan resep obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit tersebut:
  1. Siapkan 8 gram umbi segar, 6 gram rimpang kencur, 3 daun sirih, 3 gram kapulaga. 
  2. Rebus seluruh herba kedalam air secukupnya dengan api kecil hingga mendidih. 
  3. Gunakan air untuk berkumur, kemudian diminum 2 kali sehari setiap pagi dan sore. 

Bidara upas mengandung polifenol, triterpenoid, terpenoid, dan flavonoid. Getah bidara upas mengandung zat oksidase. Menurut studi yang dikembangkan, manfaat bidara upas dapat mencegah penggandaan virus HIV, tetapi tidak dapat menghilangkan virus HIV. Umbi juga digunakan untuk memperbanyak ASI.

Referensi

  • Bidara Upas (Merremia mammosa), CCRC Farmasi UGM.
  • Uji Daya Hambat Mycobacterium tubercolosis dari Umbi Bidara Upas (Merremia Mammosa Hall). Universitas Airlangga, 2010.
  • Merremia mammosa, image courtesy of wikimedia commons.
Manfaat Bidara Upas Untuk Kanker, Paru, Dan Cara Mengolahnya Manfaat Bidara Upas Untuk Kanker, Paru, Dan Cara Mengolahnya Reviewed by Suzy Amelya on 6/12/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.