Cara Mengolah Daun Kemangi Untuk Menambah Stamina



Daun kemangi merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai lalap dalam berbagai masakan tradisi. Aroma daun terasa kuat dan lembut, dan sedikit beraroma limau. Kemangi merupakan tanaman hibrida antara spesies selasih, Ocimum basilicum dan O.Americanum. Tanaman ini disebut sebagai O.Basilicum var. anisatum Benth, atau Lemon basil. Cara mengolah daun kemangi untuk menambah stamina telah banyak dibuktikan, dan khasiatnya tidak diragukan.

Cara Mengolah Daun Kemangi

Para orang tua kita sejak dahulu telah menggunakan daun kemangi sebagai bumbu masakan, daun lalap, dan sebagai bahan herba tradisional. Salah satu manfaat yang jarang diketahui, daun kemangi berkhasiat untuk menambah stamina dan menghilangkan kelelahan. Selain itu juga digunakan untuk mengobati migrain, demam, depresi, dan insomnia. Kandungan kimia daun kemangi diantaranya adalah eugenol, sineol, metilkhavikol, protein, kalsium.

Cara Mengolah Daun Kemangi


Cara mengolah daun kemangi untuk pria dan menambah stamina sangat berpengaruh dalam peracikan. Senyawa 1-8 Sineol, Apigenin Fenkhona dan Eugenol, yang terkandung dalam daun kemangi dapat mengatasi kekurangan energi tubuh. Senyawa arginin yang terkandung didalam daun kemangi dapat meningkatkan kesehatan sel dan sangat baik dikonsumsi pria.

Kaum wanita juga dapat merasakan manfaat daun kemangi, terlebih untuk kesehatan rahim. Daun kemangi dapat merangsang pertumbuhan hormon estrogen, mengobati penyakit keputihan dan jamur. Juga dapat merangsang pematangan sel telur untuk menambah kesuburan, mengurangi sekresi cairan.

Resep-resep membuatan herba yang telah diturunkan nenek moyang kita masih dapat ditemukan dibeberapa tradisi masyarakat. Resep herba ini telah banyak digunakan dalam penyembuhan di pedesaaan, suku pedalaman yang jauh dari obat modern, Daun kemangi banyak ditanam di pekarangan rumah, selain untuk sayur lalap juga digunakan untuk bahan herba beberapa penyakit. Berikut ini cara mengolah daun kemangi untuk menambah stamina dan energi:
  1. Ambil segenggam daun kemangi yang masih segar, kemudian blender. Masukkan ramuan kedalam gelas dan tambahkan air panas. 
  2. Tunggu hingga air terasa hangat, tambahkan satu sendok madu dan aduk hingga merata. Minum jus hangat daun kemangi sehari sekali.
  3. Jika tidak menyukai rasanya, ramuan ini bisa dicampurkan dengan makanan lain. Misalnya mengurangi takaran air panas dan dijadikan selai yang dioleskan pada roti.

Setiap orang memiliki stamina dan energi yang berbeda-beda, tidak ada yang sama dan tergantung dari genetik. Sebenarnya masih banyak manfaat daun kemangi yang belum terungkap, bahkan jus itu bisa saja menimbulkan keuntungan lain selain menambah stamina. Daun kemangi juga dipercaya dapat melancarkan peredaran darah, menjaga denyut jantung tetap normal keseluruh tubuh.

Referensi

  • Food & Wine Laos Food: Searching for a Lost Cuisine. Food & Wine. February 2011.
  • Lemon Basil, image courtesy of wikimedia commons.
Cara Mengolah Daun Kemangi Untuk Menambah Stamina Cara Mengolah Daun Kemangi Untuk Menambah Stamina Reviewed by Suzy Amelya on 6/04/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.