Cara Memutihkan Kulit Tubuh Dengan Belimbing Wuluh



Belimbing wuluh, juga dikenal sebagai belimbing sayur oleh ibu rumah tangga di nusantara. Dalam bahasa latin disebut Averrhoa Bilimbi, pada umumnya tanaman disebut juga bilimbi, belimbing botol atau belimbing asam. Warisan orang tua kita meninggalkan tips cara memutihkan kulit tubuh dengan belimbing wuluh. Diantaranya memutihkan kulit wajah, badan, tangan dan kaki, juga mengobati jerawat, memerahkan warna bibir, dan juga memutihkan gigi. Tampaknya senyawa yang terkandung didalamnya sangat bermanfaat untuk mengobati masalah kesehatan. 

Cara Memutihkan Kulit Tubuh Dengan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh merupakan sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dan berkembang di Kepulauan Maluku. Kemudian tanaman ini berkembang bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. Umumnya di desa-desa, kita masih banyak menemukan tanaman ini di pekarangan rumah. Buah belimbing wuluh berasa asam dan sering digunakan sebagai bumbu masakan serta bahan jamu. Hingga saat ini, masih banyak orang yang memanfaatkannya, terutama bagaimana cara memutihkan kulit tubuh dengan belimbing wuluh.

Cara Memutihkan Kulit Tubuh


Adapun ciri tanaman belimbing wuluh ditandai dengan bentuk daun bersirip genap, batang tidak bercabang, bunga berbentuk bintang berwarna merah muda sampai ungu. Buah mempunyai lima ruangan, tergantung pada batang atau dahan, berair dan berasa asam. Buah belimbing wuluh mengandung kadar oksalat yang tinggi, sangat tidak dianjurkan bagi penderita ginjal. Senyawa kimia yang terkandung dalam buah belimbing wuluh diantaranya kalium oksalat, flavonoid, pektin, tanin, asam galat, asam ferulat. Buahnya bermanfaat sebagai antipiretik dan Ekspektoran.

Orang-orang Filipina memanfaatkan daun belimbing wuluh dalam pembuatan pasta untuk pengobatan gatal, bengkak, rematik, gondok, erupsi kulit, gigitan serangga. Infus daun juga digunakan sebagai tonik anak setelah lahir, dan infus bunga digunakan untuk mengobati sariawan, flu dan batuk. Fermentasi daun belimbing wuluh digunakan untuk mengobati penyakit kelamin. Orang-orang Guyana Perancis mengolahnya menjadi sirup yang digunakan untuk mengobati peradangan. Orang Thiruvananthapuram di India, memanfaatkan buah belimbing wuluh untuk mengendalikan obesitas, pelangsing tubuh, bersifat antihilperlipidemik. Berikut ini cara pengolahan dan cara memutihkan kulit tubuh dengan belimbing wuluh:
  1. Siapkan 10 buah belimbing wuluh segar, dan sedikit air hangat untuk membuat masker.
  2. Haluskan belimbing wuluh, dan tambahkan air hangat sehingga membentuk pasta.
  3. Oleskan masker belimbing wuluh ke seluruh wajah, diamkan selama 15 menit.
  4. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air bersih.
  5. Ulangi prosedur ini setiap malam, sebelum tidur.

Resep ramuan tersebut juga bisa digunakan untuk bagian tubuh lain, oleskan pada kulit tubuh, tangan dan kaki, untuk mendapatkan manfaat yang sama. Manfaat masker belimbing wuluh untuk kecantikan dan perawatan kulit diantaranya: 
  1. Dapat mengatasi jerawat atau sebagai obat jerawat alami.
  2. Mencerahkan kulit wajah dan tubuh atau memutihkan kulit alami.
  3. Mengangkat sel kulit mati, dan membersihkan pori-pori wajah.
  4. Mengobati jamur kulit, seperti panu.

Adapun manfaat lain belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan pada bibir, dan mencerahkan warna merah pada bibir. Berikut cara mengolah belimbing wuluh untuk mengobati penyakit lain:
  1. Untuk mengobati sariawan, batuk dan sakit tenggorokan, sebaiknya menggunakan resep berikut ini: Ambil segenggam bunga belimbing wuluh segar, buah adas manis secukupnya. Haluskan keduanya dan masukkan kedalam air sebanyak 1/4 gelas, tambahkan gula batu secukupnya. Ramuan ini diminum sehari 2 kali, setiap pagi dan sore. Takaran sekali minum 1 sampai 2 sendok makan.
  2. Untuk mengobati diabetes mellitus, kencing manis, menurunkan berat badan atau untuk diet, untuk menurunkan kolesterol: siapkan 20 gram daun belimbing wuluh segar, haluskan dan tambahkan air segelas. Minum 2 kali sehari setiap pagi dan sore, takaran sekali minum 1/4 cangkir.

Cara memutihkan kulit tubuh dengan belimbing wuluh dianggap sangat praktis, terlebih apabila mempunyai tanaman ini di pekarangan rumah. Karena setidaknya dapat dilakukan setiap hari dan membutuhkan buah yang cukup banyak. Adapun efek samping belimbing wuluh bagi yang mengkonsumsinya secara rutin dapat menimbulkan gagal ginjal karena mengandung kadar oksalat yang tinggi. hati-hati penggunaan jangka panjang, khususnya bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Referensi

  • Evaluation Of The Anti-Diabetic Properties Of Averrhoa bilimbi in Animals with Experimental Diabetes Mellitus. Publish by National University of Singapore. Retrieved 1 Dec 2010.
  • Acute oxalate nephropathy due to Averrhoa bilimbi fruit juice ingestion. Publish by Indian Journal of Nephrology, 2013.
  • Averrhoa Bilimbi, image courtesy of wikimedia commons.
Cara Memutihkan Kulit Tubuh Dengan Belimbing Wuluh Cara Memutihkan Kulit Tubuh Dengan Belimbing Wuluh Reviewed by Suzy Amelya on 6/14/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.