Pengolahan Daun Sirsak Untuk Pengobatan Kanker



Siapa yang tidak mengenal buah sirsak? Dalam tradisi, pengolahan daun sirsak untuk pengobatan kanker sudah dilakukan sejak dahulu oleh para orang tua kita. Hampir semua orang mengetahui buah sirsak yang tumbuh subur di daerah tropis, tetapi tidak semua orang mengetahui bentuk dan manfaat daunnya. Tanaman Sirsak disebut juga Annona Muricata, yang memiliki daun lebar dan berbunga. Menurut asal usul tanaman ini belum diketahui secara pasti, tetapi banyak berkembang di daerah tropis Amerika. 

Pengolahan Daun Sirsak Untuk Pengobatan Kanker

Saat ini, beberapa orang menganggap buah Sirsak dapat digunakan sebagai pengobatan kanker. Secara medis, tidak ada bukti bahwa obat ini efektif menyembuhkan kanker. Cancer Research UK menyebutkan, bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa Graviola (sirsak) berfungsi sebagai obat untuk kanker. Dan tidak mendukung penggunaannya sebagai pengobatan untuk kanker. Tetapi dalam studi laboratorium, ekstrak sirsak dapat membunuh beberapa jenis sel kanker hati dan sel kanker payudara yang resisten terhadap obat kemoterapi tertentu. Dan ini belum diuji skala besar pada manusia.

Pengolahan Daun Sirsak


Bagaiaman dengan ekstrak daun sirsak? Kandungan daun sirsak dan buah sirsak sangat berbeda, tetapi penelitian lebih lanjut tentang penggunaanya juga belum maksimal. Menurut studi Robinson tahun 1995, senyawa daun sirsak antara lain adalah steroid/terpenoid, flavonoid,kumarin, alkaloid, dan tanin. Flavonoid berfungsi sebagai antioksidan untuk penyakit kanker, anti mikroba, dan anti virus. 

Pengolahan Daun Sirsak Untuk Pengobatan Kanker

Daun sirsak mengandung senyawa acetogenin, minyak esensial, reticuline, loreximine, coclaurine, annomurine, higenamine. Menurut buku yang ditulis Mardiana tahun 2011, daun sirsak memiliki kandungan kimia alkaloid, tannin, dan senyawa Annonaceous Acetogenins. Annonaceous acetogenins berpotensi sitotoksik, merupakan senyawa yang bersifat toksik untuk menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker. 

Menurut pengobatan tradisional, pengolahan daun sirsak untuk pengobatan kanker diantaranya sebagai berikut:
  1. Ambil 10 sampai 15 lembar daun sirsak, pilih daun ke 5 dari pucuk tangkai, tampak bagus dan tanpa bintik hitam. 
  2. Kemudian rebus ke dalam 3 gelas air hingga menguap. Tunggu beberapa menit hingga air tersisa 1 gelas. 
  3. Ramuan ini diminum segelas dalam kondisi hangat, pagi hari dan malam sebelum tidur.

Apabila tidak mempunyai tanaman sirsak, bisa menyimpannya dalam bentuk daun kering. Dalam pengolahan daun sirsak untuk pengobatan kanker, sebaiknya hindari kontaminasi logam dalam proses merebus ramuan, bisa menggunakan kendi dari tanah liat atau keramik.

Referensi

  • Paw-paw and Cancer Annonaceous Acetogenin from Discovery to Comercial Products, Department of Medicinal Chemistry and Molecular Pharmacology, School of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, Purdue University, 71(7):1311–1321
  • Inventaris Tanaman Obat Indonesia, edisi kedua, Departemen Kesehatan RI, Jakarta, 1991.
  • Ramuan  dan  Khasiat  Sirsak, oleh Mardiana L. dan Ratnasari J. 2011
  • Annona Muricata, image courtesy of wikimedia commons.
Pengolahan Daun Sirsak Untuk Pengobatan Kanker Pengolahan Daun Sirsak Untuk Pengobatan Kanker Reviewed by Suzy Amelya on 5/04/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.