Obat Penghilang Mual Karena Maag, Ramuan Tradisional



Saat ini banyak orang mengalami sakit maag, tidak mengenal usia muda maupun tua. Maag juga disebut radang lambung, tukak lambung, merupakan gejala penyakit yang disebabkan luka atau peradangan pada lambung. Luka lambung menyebabkan perut terasa mulas, perih dan mual. Beberapa orang juga telah mencoba obat penghilang mual karena maag dari berbagai ramuan tradisional.

Obat Penghilang Mual Karena Maag

Maag, merupakan gangguan pencernaan dalam medis disebut Indigestion atau dispepsia. Gejalanya ditandai dengan rasa nyeri pada perut bagian atas, mulas, mual dan bersendawa. Beberapa penderita mengalami perasaan kenyang saat makan atau kehilangan selera makan. Maag termasuk masalah umum dan sering disebabkan oleh penyakit refluks gastroesofagus atau gastritis. Tetapi ada juga yang mengalami gejala pertama penyakit ulkus peptik atau bisul perut (duodenum) dan terkadang kanker. 

Obat Penghilang Mual Karena Maag


Adapun beberapa timbulnya penyakit maag disebabkan beberapa faktor. Diantaranya karena pola makan tidak teratur, mikroorganisme yang merugikan, obat-obatan dan stress. Gangguan pencernaan non-ulkus, sekitar 50 hingga 70 persen terjadi pada penderita maag, dan tidak ada penyebab organik yang pasti. Menurut studi, penyakit maag yang sudah parah dapat menyebabkan kematian. 

Menurut percobaan klinis secara acak, sembilan percobaan diantaranya menggunakan peppermint dan jintan sebagai bahan herbal. Gejala maag berkurang 60 hingga 95 persen. Studi ini menyimpulkan bahwa ada sedikit efek samping dalam pengobatan ini. Penderita yang seriang mengalami rasa mual dan tidak selara makan, sebaiknya melakukan pengobatan secara medis ataupun tradisional. Hal ini ditujukan agar tubuh tetap menerima asupan makanan. Berikut ini obat penghilang mual karena maag menggunakan ramuan herbal tradisional:
  1. Ambil 500 gram biji kedelai, kemudian goreng tanpa menggunakan minyak. Tumbuk biji kedelai hingga halus dan seduh dengan air panas. Ramuan ini diminum 3 kali sehari selama 2 minggu berturut-turut.
  2. Membuat segelas air rebusan daun sirsak bisa dikonsumsi 1 jam setelah makan untuk mencegah asam lambung naik. Jika alergi terhadap sirsak, sebaiknya dihindari ramuan ini. Cara membuat ramuan sirsak bisa dilihat pada artikel Pengolahan Daun Sirsak Untuk Pengobatan.
  3. Ambil 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, kemudian rebus ke dalam 1,5 liter air. Biarkan mendidih hingga takaran air menjadi setengah, kemudian saring. Ramuan ini diminum 3 kali sehari.
  4. Ambil 2 batang kunyit kemudian parut, dan tambahkan segelas air. Peras kunyit yang sudah halus tersebut dan ambil sarinya. Minum ramuan ini setengah gelas sebelum makan, setiap pagi dan sore.

Ramuan obat penghilang mual karena maag diatas dapat dipilih sesuai bahan yang tersedia, atau hindari jika alergi. Jika tidak ada perubahan, sebaiknya lakukan pemeriksaan medis. Karena maag dapat juga disebabkan oleh kanker lambung, kanker kerongkongan, penyakit seliaka, alergi makanan, penyakit radang usus, iskemia usus dan gastroparesis.

Penyakit hati dan pankreas, intoleransi makanan atau obat terlarang, dan infeksi Helicobacter pylori. Penyakit sistemik mungkin juga dapat menyebabkan maag termasuk penyakit koroner, gagal jantung kongestif, diabetes melitus, hiperparatiroidisme, penyakit tiroid, dan penyakit ginjal kronis.

Referensi

  • Review article: current and emerging therapies for functional dyspepsia. Publish by Alimentary Pharmacology and Therapeutics. DOI:10.1111/j.1365-2036.2006.03005.x
  • Systematic review: herbal medicinal products for non-ulcer dyspepsia. Publish by Alimentary Pharmacology and Therapeutics. DOI:10.1046/j.1365-2036.2002.01339.x.
Obat Penghilang Mual Karena Maag, Ramuan Tradisional Obat Penghilang Mual Karena Maag, Ramuan Tradisional Reviewed by Suzy Amelya on 5/04/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.