Manfaat Serai Dan Cara Pengolahannya Untuk Pengobatan



Serai termasuk tanaman rumput, disebut juga Cymbopogon Citratus, tumbuh diwilayah tropis Asia Selatan dan Asia Tenggara. Manfaat serai dan cara pengolahannya telah digunakan sejak dahulu sebagai bahan pengobatan tradisional. Aroma haru yang keluar dari batang dan daun serai juga dimanfaatkan untuk memasak.

Manfaat Serai Dan Cara Pengolahannya

Dalam pengobatan tradisional, daun kering diseduh menjadi teh. Banyak orang mencampurnya kedalam ramuan sebagai bahan penyedap, pengharum. Cara ini digunakan untuk memberikan aroma dengan rasa manis ringan, tanpa asam dan sedikit pedas. Daun serai juga telah digunakan dalam obat tradisional dan sebagai bahan industri medis.

Manfaat Serai Dan Cara Pengolahannya


Catatan tradisional dari beberapa negara menyebutkan manfaat serai dan cara pengolahannya tidak sulit. Sehingga praktis bisa digunakan untuk pengobatan dirumah dengan nilai ekonomis. Berikut manfaat serai yang telah digunakan dalam pengobatan herbal:
  1. Menurut catatan pengobatan tradisional, orang-orang Brazil menggunakan tanaman serai karena memiliki sifat anxiolytic, hypnotic, dan anticonvulsant. 
  2. Di India, daun serai digunakan sebagai stimulan, sudorific, antiperiodik, dan anticatarrhal. Minyak esensial yang diperoleh dari ekstrak serai digunakan sebagai agen karminatif, depresan, analgesik, antipiretik, anti-bakteri, dan anti-jamur.
  3. Dalam studi terakhir, tanaman serai menunjukkan sifat sitoprotektif, antioksidan, dan anti-inflamasi, serta sifat antijamur. Citronellol, salah satu senyawa dalam minyak serai telah terbukti menurunkan tekanan darah. Efek langsung terjadi pada otot polos vaskular yang menyebabkan vasodilatasi. Dalam percobaan kecil, ekstrak tanaman serai digunakan sebagai obat murah untuk pengobatan sariawan mulut pada pasien HIV/AIDS.
  4. Ekstrak minyak serai mengandung 65 hingga 85 persen senyawa Citral, selebihnya adalah Myrcene, Citronella, Citronellol, dan Geraniol. Senyawa Citral digunakan sebagai anti-kanker yang dapat membunuh pertumbuhan sel kanker.
  5. Dapat digunakan untuk obat mulas, kesehatan pencernaan, dan untuk menghilangkan racun dari tubuh.
  6. Serai dapat menyembuhkan anemia, menurunkan berat badan, baik untuk penderita insomnia. Juga dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, membantu meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan.
  7. Hydrosol, sebagai produk sampingan dari proses distilasi, telah digunakan untuk produk perawatan kulit seperti lotion, krim, dan pembersih wajah. 
  8. Detoksifikasi dan meningkatkan fungsi pankreas, proses ini menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Para orang tua kita sejak dahulu telah memanfaatkan daun dan batang serai sebagai ramuan maupun bumbu masakan. Salah satu manfaat serai dan cara pengolahannya adalah sebagai berikut:
  1. Sediakan seperempat cangkir serai yang telah di iris, seperempat irisan daun mint, teh daun atau teh celup untuk takaran segelas.
  2. Rebus serai dan daun mint kedalam 3 cangkir air dengan api kecil, tunggu beberapa saat hingga air menjadi satu cangkir.
  3. Pindahkan ramuan yang telah selesai ke wadah tersendiri.
  4. Selagi panas, tambahkan daun teh dan tutup selama beberapa menit hingga aroma keseluruhannya meresap. Sangat baik diminum dalam kondisi hangat.
  5. Jika tidak ada daun mint, bisa diganti dengan kayu manis. Manfaat daun teh untuk mencegah demensia, teh mencegah gangguan tulang sumsum.

Selain bisa menyembuhkan penyakit insomnia dan menurunkan kadar gula darah, ramuan diatas juga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Masih banyak lagi manfaat serai dan cara pengolahannya yang belum digunakan secara maksimal. Sementara penelitian terus mengembangkannya untuk digunakan dalam farmasi. Setidaknya, setiap orang bisa memaksimalkan penggunaan tanaman herba dengan nilai yang lebih ekonomis.

Referensi

  • Neurobehavioral effect of essential oil of Cymbopogon citratus in mice. Phytomedicine. 16 (2-3): 265–70. doi:10.1016/j.phymed.2007.04.007
  • Treatment of oral thrush in HIV/AIDS patients with lemon juice and lemon grass (Cymbopogon citratus) and gentian violet. Phytomedicine. 16 (2-3): 118–124. doi:10.1016/j.phymed.2008.07.015
  • Antifungal Activity of Essential Oils from Indian Medicinal Plants Against Human Pathogenic Aspergillus fumigatus and A. niger. World Journal of Medical Sciences: 81–88
Manfaat Serai Dan Cara Pengolahannya Untuk Pengobatan Manfaat Serai Dan Cara Pengolahannya Untuk Pengobatan Reviewed by Suzy Amelya on 5/04/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.