Manfaat Daun Patikan Kebo Untuk Eksim Dan Jerawat



Mungkin Anda pernah melihat tanaman Patikan Kebo di sekitar pekarangan rumah dan kebun. Patikan Kebo disebut juga dalam bahasa lain Patikan Kerbau, Fei Yang Cao, Euphorbia Hirta. Tanaman ini telah lama digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, manfaat daun patikan kebo untuk eksim, dan penyakit mata belekan atau glaukoma. Patikan Kebo dipercaya mempunyai senyawa antiinflamasi, diuretic dan anti pruritic yang bisa menghilangkan gatal.

Manfaat Daun Patikan Kebo Untuk Eksim

Manfaat daun patikan kebo untuk eksim dan sebagai obat menyembuhkan asma telah digunakan sejak dahulu. Patikan kebo termasuk tanaman gulma, rumput liar yang biasanya mengganggu di kebun, seperti tanaman anting-anting untuk obat kulit. Tidak banyak orang yang mengetahui tanaman ini, sehingga biasanya dibuang dan dimusnahkan dengan pestisida. Tidak sulit menemukan tanaman ini, karena perkembangannya cukup subur di daerah tropis. 

Manfaat Daun Patikan Kebo Untuk Eksim


Patikan Kebo kadang-kadang disebut tanaman asma, sejenis gulma pantropis. Tanaman ini diduga berasal dari India, kemudian menyebar ke negara-negara Asia. Morfologi tanaman sebagai berikut:
  1. Tanaman ini tampak berbulu, tumbuh di padang rumput terbuka, pinggir jalan dan semak kebun. 
  2. Tanaman herba ini tumbuh tegak, memanjat atau menjalar. 
  3. Daunnya berbentuk taji dan berbulu, berwarna hijau dan merah kecoklatan. 
  4. Dan ciri batang berwarna merah coklat dan berbulu.

Menurut penelitian terhadap Patikan Kebo, kandungan kimiawi yang terdapat dalam tanaman ini adalah alkaloid, tanin, folifenol, flavonoid, tanin. Selain itu juga mengandung: 
  1. Senyawa flavonoid quersitrin, triterpenoid, tirukalol, eufosterol, ksanthorhamnin. 
  2. Mengandung senyawa terpenoid eufosterol, tarakserol dan tarakseron, kautshuk, taraxerol, friedlin. 
  3. Mengandung senyawa Betha amyrin, betasitosterol, beta eufol, euforbol, hentriacontane. 
  4. Juga senyawa elagic acid, asam–asam organik palmitat oleat dan asam lanolat.

Manfaat daun patikan kebo untuk eksim kering, eksim basah, dan mengobati jerawat. Ramuan dapat diolah secara sederhana, berikut resep pembuatannya: 
  1. Ambil herba segar sebanyak 90 gram, kemudian masukkan kedalam wadah yang telah diisi setengah liter alkohol kadar 70%. Rendam daun patikan selama 3 sampai 5 hari. Tehnik ini akan meng-ekstrak kandungan kimia didalamnya.
  2. Gunakan ramuan ini untuk mencuci eksim. Daun patikan kebo mengandung senyawa antiinflamasi (anti radang), diuretic, dan anti pruritic yang bisa menghilangkan gatal pada kulit.

Beberapa penelitian yang dikembangkan untuk menyembuhkan penyakit di beberapa negara. Manfaat daun patikan kebo untuk mengobati eksim, disentri, mengobati asma. Juga melancarkan kencing, mengobati abses paru, bronchitis kronis, abses payudara, typus abdomenalis, radang ginjal, radang tenggorokan, dan radang kelenjar susu atau payudara bengkak. 

Referensi

  • Euphorbia hirta: Its chemistry, traditional and medicinal uses, and pharmacological activities. Publish by Pharmacognosy Review, 2010. DOI:10.4103/0973-7847.65327.
  • Euphorbia Hirta, image by wikimedia commons.
Manfaat Daun Patikan Kebo Untuk Eksim Dan Jerawat Manfaat Daun Patikan Kebo Untuk Eksim Dan Jerawat Reviewed by Suzy Amelya on 5/08/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.