Tanaman Anting-Anting Untuk Pengobatan Asam Urat



Selama ini, orang mengetahui asam urat sebagai penyakit persendian. Penderita asam urat sangat merasakan sakit dibagian sendi-sendi tubuh. Bagaimana cara mengatasi penyakit asam urat dengan mengkonsumsi tanaman herbal? Manfaat tanaman anting-anting untuk pengobatan asam urat telah digunakan oleh nenek moyang Asia. Senyawa flavanoid bersifat antioksidan yang mampu menghambat pembentukan asam urat. Dalam bahasa latin disebut juga Acalypha Indica, bahasa Inggris disebut Indian Acalypha, Indian Nettle.

Tanaman Anting-Anting Untuk Pengobatan Asam Urat

Manfaat tanaman anting anting untuk pengobatan asam urat mampu mengurangi kadar asam urat tinggi dalam tubuh. Hal ini akan mempengaruhi waktu penyembuhan, dimana senyawa yang terkandung dapat mengurangi rasa sakit persendian. Tanaman anting-anting juga mampu mencegah terjading peradangan asam urat. Kandungan senyawa tersebut diantaranya adalah Flavonoid, Tanin, Alkaloid, dan Steroid.

Pengobatan Asam Urat Dengan Tanaman Anting-Anting

Zat purin merupakan unsur protein yang sangat baik untuk sel tubuh manusia yang diperoleh dari makanan sehari-hari. Apa yang menyebabkan persendian terasa sakit? Zat purin kadar tinggi didalam tubuh akan menyebabkan penyakit asam urat. Karena sisa pengolahan zat purin atau kelebihan purin merupakan salah satu penyebab utama munculnya gejala asam urat. 

Kadar asam urat akan berkumpul sampai membentuk padatan seperti kristal yang tajam yang mengendap di persendian. Hal ini yang menyebabkan persendian tubuh terasa sakit. Untuk menghindari hal ini, penderita disarankan menghindari konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Berikut ini adalah cara membuat ramuan herbal untuk pengobatan asam urat menggunakan tanaman herba anting-anting:
  1. Ambil satu tanaman beserta akar sekitar 30 gram yang masih segar, atau 60 gram yang sudah kering. Jika tanaman segar, cuci bersih terlebih dahulu.
  2. Tanaman ini di rebus dengan air sebanyak 3 gelas atau sekitar 700 ml, sampai tersisa menjadi 1 gelas air.
  3. Setelah ramuan dingin, saring dan langsung diminum sebanyak setengah gelas, 2 kali sehari.

Pengobatan asam urat menggunakan tanaman anting-anting herbal diatas dapat dilakukan secara rutin setiap hari, hingga kadar asam urat menurun. Tanaman ini sangat mudah didapatkan, termasuk spesis tanaman gulma yang biasanya tumbuh liar di pekarangan rumah, lapangan, pinggir jalan, dan di lereng-lereng pegunungan.

Tanaman ini sering terlihat disekitar kita, sebagai gulma yang tumbuh di pekarangan rumah. Tanaman anting-anting sering disebut juga sebagai kucing-kucingan, akar kucing, galak kucing, ataupun gingseng kucing. Dalam bahasa latin disebut juga Acalypha Indica, bahasa Inggris disebut Indian Acalypha, Indian Nettle, Three-Seeded Mercury. Orang Prancis menyebutnya Ricinelle des Indes, Oreille de Chatte, Herbe Chatte. 

Referensi

Herbs Of Medicine - The First 3 D Book on Herbs, by Dr.J.Raamachandran
Tanaman Anting-Anting Untuk Pengobatan Asam Urat Tanaman Anting-Anting Untuk Pengobatan Asam Urat Reviewed by Suzy Amelya on 4/05/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.