Resep Herba Ketumpang Air Untuk Asam Urat Dan Rematik



Tanaman sirih cina paling sering diabaikan banyak orang, beberapa resep herba ketumpang air ini akan membantu Anda memanfaatkan lingkungan sekitar. Biasanya tanaman ini tumbuh disekitar daerah lembab sekitar rumah, bisa saja berada dipinggir saluran air. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa ketumpang air memiliki kelebihan tersendiri dalam pengobatan penyakit.

Resep Herba Ketumpang Air

Tanaman ini juga disebut tumpangan air, sirih cina, bahasa latin adalah Peperomia pellucida. Dalam bahasa Inggris disebut pepper elder, shining bush plant, atau man to man. Terna kecil semusim dan berakar dangkal yang tumbuh liar di tepi saluran air dan taman. Daunnya berbentuk seperti tanaman daun sirih, bentuknya lebih kecil dan lebih tebal, berair dan tekstur lunak. Ukuran sirih cina berkisar 15 hingga 45 cm. Batangnya sukulen (berair), akar dangkal, berwarna cerah, dan berdaging.

Resep Herba Ketumpang Air


Saat ini, kebanyakan orang lebih memilih produk jadi berupa herbal daripada membuat ramuan sendiri. Keunggulan resep herba ketumpang air tentunya akan membantu nilai ekonomis, mengurangi penggunaan obat kimia. Selain itu membuat kita semakin kreatif memberdayakan tanaman sekitar rumah. Tanaman ini jangan dibuang, sebaiknya dibudidayakan. Beberapa manfaat ketumpang air diantaranya adalah:
  1. Mencegah penyakit flu dan batuk
  2. Pengobatan diare.
  3. Menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  4. Mengobati rematik dan asam urat
  5. Mengobati penyakit kulit, seperti jerawat, bisul, dan kulit melepuh.

Orang Eropa saat ini telah memasarkan biji ketumpang air untuk dijadikan obat herbal. Sementara di Bolivia, Altenos India, mereka menggunakan tanaman ini untuk menghentikan pendarahan. Akar digunakan untuk mengobati demam dan bagian lainnya digunakan sebagai pasta untuk mengobati luka.

Diwilayah timur laut Brazil, tanaman ketumpang air telah digunakan untuk menurunkan kolesterol. Orang-orang di Guyana dan Amazon telah mengggunakan tanaman ini sebagai obat penekan batuk, Emolien, dan diuretik, juga digunakan untuk mengobati Proteinuria. Sementara di Filipina, teh tanaman ketumpang air untuk mengurangi kadar asam urat, mengobati penyakit ginjal, dan gangguan kulit seperti jerawat dan bisul.

Cara Membuat Resep Herba Ketumpang Air


Studi ini pernah ditulis Maria de Fatima Arrigoni yang dipublikasikan dalm Journal of Ethnopharmacology. Ekstrak ketumpang air berguna sebagai anti-inflamasi pada edema yang disebabkan oleh Carrageenin dan Asam arakidonat. Juga berfungsi sebagai analgesik pada perut.

Beberapa cara berikut dapat dicoba dirumah, diantaranya resep herba ketumpang air untuk teh atau rebusan. Ada pula dengan cara membuat ketumpang air menjadi jus dan sebagai sayuran lalapan. Untuk membuat resep teh ketumpang air:

  1. Ambil segenggam daun dan batang ketumpang air, 
  2. Rebus dengan 2 gelas air selama 15 hingga 20 menit. 
  3. Teh herbal ini dapat diminum segelas, 3 kali dalam sehari.

Teh herba ketumpang air mampu mengobati asam urat, rematik, jerawat, diare, hipertensi, flu dan batuk, dan pegal-pegal. Ramuan ini juga dipercaya bisa menyembuhkan sakit kepala dan gangguan ginjal. Kebanyakan resep herba ketumpang air dari berbagai negara umumnya berupa teh atau rebusan, dan berbentuk pasta.

Pasta biasanya digunakan untuk pembalur muka mengobati kulit sensitif atau jerawat. Intinya, tanaman ini tidak beracun dan tidak berbahaya sehingga aman untuk dikonsumsi seperti sayuran.

Referensi

  • Analgesic activity of Peperomia pellucida aerial parts in mice. Fitoterapia, April 2004. doi:10.1016/S0367-326X(00)00249-5.
  • Peperomia pellucida, Pepper Elder, image by wikimedia commons
Resep Herba Ketumpang Air Untuk Asam Urat Dan Rematik Resep Herba Ketumpang Air Untuk Asam Urat Dan Rematik Reviewed by Suzy Amelya on 4/03/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.