Manfaat Tanaman Anting-Anting Untuk Obat Sakit Kulit



Tanaman ini sering terlihat disekitar kita, sebagai gulma yang tumbuh di pekarangan rumah. Tetapi selama ratusan tahun, orang tua kita telah lama menggunakan manfaat tanaman anting-anting untuk pengobatan kulit. Tanaman anting-anting sering disebut juga sebagai kucing-kucingan, akar kucing, galak kucing, ataupun gingseng kucing. Dalam bahasa latin disebut juga Acalypha Indica, bahasa Inggris disebut Indian Acalypha, Indian Nettle, Three-Seeded Mercury. Orang Prancis menyebutnya Ricinelle des Indes, Oreille de Chatte, Herbe Chatte. 

Manfaat Tanaman Anting-Anting Untuk Pengobatan Kulit

Saat ini, tanaman anting-anting dianggap sebagai gulma atau tanaman liar yang sangat umum ditemukan di pinggir jalan, lapangan rumput, maupun di lereng gunung. Termasuk spesis herba semusim, tumbuh tegak dengan tinggi tanaman sekitar 30 hingga 50 cm. Tanaman bercabang dengan garis memanjang kasar, berambut halus, bentuk daun tunggal dan bertangkai panjang. Ciri helaian daun berwarna hijau berbentuk bulat telur sampai lanset, tipis, ujung dan pangkal meruncing. Ditandai dengan tepi bergerigi, panjang daun antara 2.5 hingga 8 cm dan lebar 1.5 hingga 3.5 cm.

Sedangkan ciri-ciri bunga majemuk keluar dari ketiak daun berukuran kecil dan merangkai bentuk bulir. Buahnya berbentuk kotak, bulat, dan berwarna hitam. Biji bulat memanjang dan berwarna cokelat. Tanaman ini berakar tunggang dan berwarna putih kotor. Rasanya pahit dan sifatnya sejuk berfungsi sebagai Astringen. 

Manfaat Tanaman Anting-Anting Untuk Kulit


Manfaat tanaman anting-anting untuk pengobatan bisul, koreng, eksim, radang kulit (dermatitis), luka berdarah, bisa juga untuk gigitan ular. Berikut ini cara membuat ramuan herbal dari tanaman anting-anting:
  1. Meminum air rebusan herba kering sebanyak 9-15 gram, atau bisa juga 30-60 g herba segar. Takaran air secukupnya untuk kebutuhan satu hari, diminum tiga kali sehari. 
  2. Dapat juga menggunakan air rebusan ini untuk mencuci luka atau koreng. Cara terbaik yaitu, ambil satu tanaman anting-anting beserta akar, kemudian rebus dengan air bersih secukupnya. 
  3. Pengobatan berbentuk pasta untuk mengoles luka kulit tubuh. Cara pembuatan dengan menggiling herba segar sampai halus, lalu bubuhkan ke bagian tubuh yang sakit. 
  4. Cara lain untuk pengobatan koreng, bisul, radang kulit, luka berdarah dan gigitan ular. Cuci tanaman anting-anting segar beserta akar. Lalu tambahkan 1 sendok teh gula pasir dan giling sampai halus. Kemudian bubuhkan ramuan ini ke bagian kulit tubuh yang sakit.
  5. Cara lain untuk mendapatkan manfaat tanaman anting-anting untuk dermatitis, eksim dan koreng, dengan cara merebus satu tanaman segar beserta akar. Sebelumnya cuci bersih tanaman ini, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk mencuci bagian tubuh yang sakit.

Orang Afrika Barat mengkonsumsi daun in sebagai sayuran, juga diberikan untuk pakan ternak. Tanaman ini dianggap penting dalam pengobatan tradisional Tamil Siddha karena dipercaya mampu untuk meremajakan tubuh.

Tanaman ini tumbuh dan berkembang secara liar, benih tanaman biasanya terbawa oleh kucing. Manfaat tanaman anting-anting sangat bereaksi positif terhadap kucing dan anjing, herba penyembuh untuk hewan peliharaan. Hewan-hewan ini mengkonsumsinya dengan cara dikunyah, terutama pada bagian akar.

Referensi

Herbs Of Medicine - The First 3 D Book on Herbs, by Dr.J.Raamachandran
Manfaat Tanaman Anting-Anting Untuk Obat Sakit Kulit Manfaat Tanaman Anting-Anting Untuk Obat Sakit Kulit Reviewed by Suzy Amelya on 4/07/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.