Ciri-Ciri Daun Meniran Merah Dan Hijau Untuk Obat Tradisional



Kebanyakan orang tidak menganggap penting tanaman gulma yang satu ini, sering dibuang dari pekarangan rumah. Diantaranya Sidukung Anak yang sangat bermanfaat, dan akan dijelaskan ciri-ciri daun meniran merah dan meniran hijau. Tumbuhan meniran tersebar di kebun, lapangan rumput, tepi jalan, tepi selokan, dan dekat pembuangan sampah. Penyebaran tanaman berada diseluruh daerah tropis, dari dataran rendah sampai dataran tinggi sekitar 1500 m diatas permukaan laut.

Ciri-Ciri Daun Meniran Merah Dan Hijau

Sebenarnya banyak sekali manfaat tanaman gulma, tetapi umumnya orang lebih mempercayai pengobatan modern. Padahal hampir semua bahan obat-obatan modern dibuat dari tanaman. Bahkan para ilmuwan di luar negeri bersusah payah menempuh wilayah Afrika dan Indonesia. Semua itu dilakukan hanya untuk mendapatkan senyawa kimia yang ada didalam tanaman tropis. Tanaman ini biasanya tumbuh liar seperti tanaman anting-anting, ketumpang air, tanaman Ki Tolod dan daun ciplukan.

Ciri-Ciri Daun Meniran Merah Dan Hijau


Buah tanaman ini sekilas mirip dengan pohon katu, seperti digendong atau menggantung pada dahan. Meniran tumbuh liar, sama halnya seperti gulma di semak dengan ciri daun tersusun rapi. Ciri-ciri daun meniran bersirip genap mirip seperti daun petai cina, berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil. Permukaan daun bagian bawah berbintik-bintik dan berkelenjar. Ciri-ciri daun meniran besar di ujung dan lebih kecil menuju tangkai daun. Daun meniran tertutup pada malam hari dan terbuka pada siang hari.

Anda bisa menemukan tanaman Meniran dengan ciri tinggi tanaman sekitar 30 sampai 40 cm, batang lunak dan cabang berpencar. Tanaman sidukung anak memiliki bunga betina dipangkal daun dan bunga jantan diujung daun, terdiri dari 2 hingga 3 kuntum bunga. Bisa ditandai dari bentuk bunga bulat, buah meniran mirip kotak berkatup tiga dan licin. Ukuran buah sebesar pecahan beras dengan garis tengah antara 0.2 hingga 0.25 cm.

Tanaman Phyllanthus Urinaria atau meniran, adalah spesies ramuan dari keluarga Phyllanthaceae, dibedakan atas dua spesies. Yaitu Meniran merah dan Meniran hijau, keduanya menyerupai tanaman dari genus Mimosa dan tergolong famili Euphorbiaceae. 

Ciri-ciri daun Meniran merah atau Phyllanthus Aurinaria ditandai dengan batang berwarna merah. Pada buah masak, ditandai kepala sari bunga akan pecah secara melintang. Ciri-ciri daun Meniran hijau atau Phyllanthus Niruri, batang berwarna hijau. Pada buah yang masak, ditandai kepala sari bunga akan pecah secara membujur.

Referensi

Phyllanthus Urinaria L, Natural Resources Conservation Service
Ciri-Ciri Daun Meniran Merah Dan Hijau Untuk Obat Tradisional Ciri-Ciri Daun Meniran Merah Dan Hijau Untuk Obat Tradisional Reviewed by Suzy Amelya on 4/04/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.