Manfaat Pisang Kuning Untuk Menambah Stamina Dan Cegah Kebutaan



Apa saja manfaat pisang kuning? Pisang berwarna kuning ternyata jauh lebih bermanfaat dengan kandungan gizi yang lebih lengkap dibandingkan dengan pisang berwarna hijau. Beberapa informasi berikut dikutip dari penelitian resmi universitas terkemuka, yang menyarankan konsumsi buah pisang.

Manfaat Pisang Kuning

Menurut ilmuwan, manfaat pisang kuning memiliki kelebihan tersendiri. Diantaranya mencegah kebutaan permanen karena kekurangan vitamin A dengan cara meningkatkan konsumsi karotenoid yang ditemukan pada buah pisang kuning. Sebagai penambah stamina tubuh yang sangat sesuai untuk atlet olahraga, dan mencegah peradangan usus untuk penderita penyakit Crohn.

Manfaat Pisang Kuning


Karotenoid merupakan prekursor vitamin penting untuk kesehatan mata, bisa ditemukan di berbagai kultivar pisang yang berbeda. Saat ini kekurangan vitamin A telah merambah di Asia Tenggara dan Afrika, sehingga menyebabkan 250 hingga 500 ribu anak-anak mengalami kebutaan permanen setiap tahun. Setengah diantaranya dinyatakan meninggal dalam waktu satu tahun setelah kehilangan penglihatan mereka.

Dalam memerangi kekurangan vitamin A, para ilmuwan telah menyelidiki metode untuk meningkatkan karotenoid dalam pisang. Senyawa ini akan mengubah buah-buahan dan sayuran berwarna merah, oranye atau kuning, dan diubah menjadi vitamin A dalam hati. Selama ini, banyak orang kurang memahami bagaimana manfaat pisang kuning memproduksi dan menyimpan Karotenoid.

Menurut ilmuwan, warna buah pisang kuning pucat memiliki kadar rendah karotenoid Cavendish memproduksi kelebihan enzim yang memecah karotenoid. Warna oranye Asupina Stashes karotenoid dalam kantung mikroskopis selama pematangan, akan menggeser kesetimbangan kimia dalam buah sehingga menghasilkan kualitas lebih tinggi.

Pisang telah lama dikenal sebagai sumber energi untuk menambah stamina dan daya tahan tubuh, kaya kalium dan nutrisi lainnya, serta mudah dikonsumsi untuk pengendara sepeda, pelari ataupun pejalan kaki. Menurut ilmuwan, pisang memberikan antioksidan yang tidak ditemukan dalam minuman olahraga serta nilai gizi yang lebih besar, termasuk serat, kalium dan vitamin B6. Selain itu, pisang memiliki kesamaan manfaat seperti perpaduan antara gula dan minuman olahraga.

Manfaat pisang kuning juga dirasakan oleh penderita Crohn, suatu penyakit yang diderita satu dari 800 orang di Inggris dan menyebabkan peradangan usus kronis, menyebabkan nyeri, perdarahan dan diare. Penderita Crohn mengalami peningkatan jumlah bakteri E. Coli, dan kemampuan untuk melawan bakteri usus melemah. Bakteri E Coli lengket mampu menembus dinding usus melalui sel-sel khusus, yang disebut M-Sel yang bertindak sebagai 'penunggu' ke sistem limfatik.

Penyakit Crohn telah mewabah di seluruh dunia, tetapi lebih umum di negara-negara maju, di mana diet rendah serat dan makanan umumnya telah diproses. Faktor makanan dan meningkatnya jumlah bakteri E.Coli di usus pasien Crohn menjelaskan adanya hubungan antara makanan dan transportasi bakteri dalam tubuh.

Pada pasien penyakit Crohn, bakteri ini menyebabkan peradangan kronis di usus. Para ilmuwan menemukan bahwa serat pisang mencegah penyerapan dan transportasi bakteri di M-Sel. Hasil tes tersebut mengungkapkan bahwa polisorbat memiliki efek berlawanan dengan serat pisang, dan mendorong pergerakan bakteri melalui sel.

Referensi

  • The Quest for Golden Bananas: Investigating Carotenoid Regulation in a Fe’i Group Musa Cultivar. Journal of Agricultural and Food Chemistry, 2016; DOI: 10.1021/acs.jafc.5b05740
  • Bananas as an Energy Source during Exercise: A Metabolomics Approach. PLoS ONE, 2012; 7 (5): e37479 DOI: 10.1371/journal.pone.0037479
  • Banana plantain fibers could treat Crohn's disease, by University of Liverpool. 
  • Cavendish bananas are the main commercial banana cultivars sold in the world market, image by wikimedia commons.
Manfaat Pisang Kuning Untuk Menambah Stamina Dan Cegah Kebutaan Manfaat Pisang Kuning Untuk Menambah Stamina Dan Cegah Kebutaan Reviewed by Suzy Amelya on 3/01/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.