Manfaat Blueberry Dan Blackberry, Obat Diabetes Tipe 2



Buah yang satu ini tampak tak asing terdengar, manfaat Blueberry, Blackberry, dan buah sejenisnya, dianggap sebagai obat dan makanan bernutirisi tinggi. Para ilmuwan makanan dari University of Illinois telah menemukan fermentasi buah yang dapat meningkatkan potensi antidiabetes. Menurut mereka, pengembangan minuman bebas alkohol terbuat dari blueberry dan blackberry bisa membantu mengurangi penyakit diabetes tipe 2. Padahal selama ini penderita diabates harus menjauhi minuman fermentasi anggur seperti Wine beralkohol.

Manfaat Blueberry

Blueberry adalah tanaman berbunga abadi dengan buah indigo berwarna, termasuk bagian Cyanococcus dalam genus Vaccinium. Genus ini mencakup Cranberry, Bilberry dan Grouseberries. Blueberry merupakan bagian dari Cyanococcus, buah ini dijual dan dikenal secara umum dan berasal dari Amerika Utara. Kemudian secara komersial mulai diperkenalkan ke Eropa pada tahun 1930-an.

Manfaat Blueberry Dan Blackberry


Menurut Elvira de Mejia, setidaknya 100 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes dan terus meningkat. Ini belum termasuk orang-orang yang mungkin mengalami pra-diabetes. Dalam penelitian sebelumnya, diet dengan memakan blueberry mungkin berperan penting untuk mengurangi Hiperglikemia yang diuji pada tikus gemuk. Ilmuwan ingin menentukan apakah fermentasi, Dealcoholized minuman blueberry dan blackberry akan meningkatkan potensi senyawa fenolik yang terdapat dalam buah untuk mengurangi diabetes.

Penelitian menjelaskan bahwa minuman fermentasi dari buah berry akan mengurangi perkembangan obesitas dan glukosa darah pada tikus yang menjalankan diet tinggi lemak. Ketika fermentasi Berry pada suhu rendah, mengakibatkan peningkatan dan konsentrasi anthocyanin lebih tinggi. Anthocyanin yang ditemukan dalam pigmen buah-buahan seperti blueberry, anggur dan apel, telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin. Zat ini mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah dan meningkatkan sekresi insulin.

Selain buah-buahan, termasuk sayuran, sereal, dan kacang-kacangan, setelah di fermentasi hasilnya bisa memperbaiki dan meningkatkan konsentrasi pigmen anthocyanin. Zat ini merupakan komponen antioksidan yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Dalam penelitian manfaat blueberry dan blackberry bebas alkohol, telah menunjukkan hasil yang baik untuk menghambat enzim yang berkaitan dengan penyerapan glukosa.

Penelitian ini menguji minuman fermentasi blackberry dengan rasio 70 persen, dank 30 persen blueberry yang difermentasi. Alkohol telah dihilangkan dalam minuman tersebut melalui Rotoevaporation dan digantikan dengan air. Proses ini juga menghilangkan beberapa kadar gula yang tersisa setelah fermentasi. Manfaat Blueberry dan Blackberry dianggap sangat unik, memiliki profil anthocyanin yang sangat spesifik yang mampu menurunkan penyerapan glukosa.

Kekuatan antioksidan dari anthocyanin dalam buah blueberry memainkan peran yang sangat penting. Terutaman dalam menurukan inflamasi, menurunkan lemak berkurang yang menyebabkan peradangan, dan mengurangi stres oksidatif. Diharapkan perusahaan fermentasi juga memproduksi minuman anggur tanpa alkohol (Dealcoholized) untuk penderita diabetes. Minuman ini merupakan kombinasi dari blackberry dan blueberry, mengandung konsentrasi anthocyanin sebagai bagian dari pigmen. 

Manfaat blueberry dalam minuman fermentasi anggur bukan untuk mengganti obat penderita diabetes, tetapi bisa membantu mengurangi kebutuhan obat yang harus memperoleh pengawasan dan persetujuan dokter. Anthocyanin bekerja sebagai obat, ilmuwan beranggapan bahwa semua obat diabetes memiliki efek merugikan setelah bertahun-tahun digunakan, tidak terkecuali obat yang paling aman. Program diet, olahraga, menurunkan berat badan, strategi ini direkomendasikan dan mungkin berlaku dalam jangka panjang. 

  • Studi ini diterbitkan oleh University of Illinois College of Agricultural, Consumer and Environmental Sciences (ACES), 04 Agustus 2016, "Berry wine, minus the alcohol, may offer help for those with diabetes". 
  • Referensi jurnal ilmiah "Alcohol-free fermented blueberry–blackberry beverage phenolic extract attenuates diet-induced obesity and blood glucose in C57BL/6J mice". The Journal of Nutritional Biochemistry, 2016; 31: 45 DOI: 10.1016/j.jnutbio.2015.12.013
  • Patts Blueberries, image courtesy of Wikimedia Commons.
Manfaat Blueberry Dan Blackberry, Obat Diabetes Tipe 2 Manfaat Blueberry Dan Blackberry, Obat Diabetes Tipe 2 Reviewed by Suzy Amelya on 1/15/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.