Manfaat Bayam Untuk Membentuk Otot Dan Meningkatkan Tenaga



Bayam tidak hanya sebagai bahan masakan sayuran hijau, tetapi manfaat bayam untuk olahraga bisa meningkatkan kinerja otot. Suplementasi nitrat berhubungan dengan Sprint Interval Training, dimana kondisi oksigen yang rendah dapat meningkatkan kinerja olahraga. Temuan ini dijelaskan dalam penelitian University of Leuven di Belgia yang melibatkan dua puluh tujuh peserta cukup terlatih. Peserta diberi suplemen nitrat menjelang Sprint Interval Training (SIT), melakukan sesi bersepeda secara singkat namun rutin selama tiga kali seminggu.

Sayur Bayam, Manfaat Bayam

Bayam seberat 100 gram memiliki energi 23 kalori, nilai gizi sangat tinggi ketika segar walaupun dalam keadaan beku, dikukus, atau direbus cepat. Sekitar 20 persen nutri bayam merupakan kebutuhan harian berupa vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, mangan, besi dan folat. Bayam merupakan sumber vitamin B riboflavin dan vitamin B6, vitamin E, kalsium, kalium, dan serat makanan.

Manfaat Bayam Untuk Membentuk Otot


Nitrat umumnya ditemukan dalam makanan berdaun hijau seperti bayam. Nitrat dianggap penting untuk perkembangan fungsi tubuh manusia, terutama selama berolahraga. Untuk menilai perbedaan kinerja dalam kondisi yang berbeda, termasuk latihan dalam kondisi oksigen normal dan kondisi hipoksia. Hipoksia merupakan kondisi dengan kadar oksigen rendah seperti yang ditemukan di dataran tinggi.

Hanya dalam waktu lima minggu, komposisi serat otot berubah sesuai peningkatan asupan nitrat yang terdapat pada bayam ketika pelatihan dalam kondisi oksigen yang rendah. Penelitian manfaat bayam untuk olahraga merupakan studi pertama yang membuktikan bahwa pentingnya strategi suplementasi gizi berupa asupan nitrat. Menurut Profesor Peter Hespel, asupan sayuran hijau seperti bayam berdampak pada perkembangan komposisi serat otot. 

Manfaat bayam untuk olahraga sangat disarankan untuk atlit yang berpartisipasi dalam kompetisi yang membutuhkan produksi energi dengan kondisi oksigen terbatas. Bahkan, berolahraga di ketinggian telah menjadi strategi pelatihan bagi banyak atlet, meskipun ada ketidakpastian tentang metode tersebut. Dalam seperti kondisi ini, latihan intens memerlukan input tinggi sehingga serat otot bisa bertahan. Meningkatkan serat otot melalui asupan gizi dianggap sangat baik untuk meningkatkan kinerja berolahraga.

Asupan nitrat sangat konsisten berhubungan dengan pelatihan, tetapi tidak direkomendasikan asupan nitrat dosis tinggi pada manusia. Profesor Hespel  mengatakan, penambahan sayuran hijau yang kaya nitrat sudah seharusnya dimasukkan kedalam diet harian. Manfaat bayam untuk olahraga bisa memfasilitasi pelatihan serat otot dan kinerja fisik bertahan dalam waktu cukup lama.

  • Studi ini diterbitkan dalam jurnal "Nitrate Intake Promotes Shift in Muscle Fiber Type Composition during Sprint Interval Training in Hypoxia". Frontiers in Physiology, 2016; 7 DOI: 10.3389/fphys.2016.00233
  • Spinach plant in November, Castelltallat, image courtesy of Wikimedia Commons.
Manfaat Bayam Untuk Membentuk Otot Dan Meningkatkan Tenaga Manfaat Bayam Untuk Membentuk Otot Dan Meningkatkan Tenaga Reviewed by Suzy Amelya on 1/15/2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.