Manfaat Buah Ajaib, Pemanis Alami Mengobati Penyakit Diabetes



Belakangan ilmuwan mulai serius meneliti manfaat Buah Ajaib, atau dalam bahasa lain dikenal sebagai Buah Seribu Manis, Sawo-Sawoan, atau Miracle Berry (Synsepalum Dulcificum), mereka mempelajari morfologi bunga dan pengembangan buah ajaib menggunakan teknik mikroskopis. 

Buah Ajaib

Analisis ini menjelaskan bahwa buah ajaib membutuhkan waktu 100 hari untuk berkembang dari meristem reproduktif hingga bunga mekar sepenuhnya. Penurunan berat buah diamati sekitar 40 hingga 60 hari setelah bunga mekar, buah matang selama 90 hari setelah bunga mekar. 

Studi Buah Ajaib


Buah ajaib merupakan spesies hortikultura berharga yang berasal dari Afrika Barat, studi ini dilakukan pada HortScience Juni 2016 lalu, dimana menjelaskan bahawa buah ajaib merupakan tanaman buah langka bernilai ekonomis tinggi dalam industri medis dan makanan. 

Daging buah ajaib mengandung Miraculin, salah satu zat Glikoprotein yang memiliki efek luar biasa pada selera makan terutaman efek di lidah yang mampu membuat rasa makanan menjadi asam atau manis. Studi ini menyebutkan bahwa zat Miraculin bisa membantu penderita diabetes untuk mengkonsumsi makanan manis tanpa gula, potensi ini dianggap sebagai pemanis makanan alami.

Sangat sedikit yang diketahui tentang perkembangan spesies buah ajaib, para ilmuwan yang terlibat diantaranya Chen Xingway, Thohirah Lee Abdullah, Sima Taheri, Nur Ashikin Psyquay Abdullah, dan Siti Aisyah Hassan, menggunakan teknik mikroskopik untuk mengidentifikasi morfologi bunga dan perkembangan buah ajaib.

Hasil studi ini bisa meningkatkan pemahaman tentang ekologi penyerbukan dan metode untuk memanipulasi berbunga dan pembuahan. Bunga buah ajaib membutuhkan waktu 100 hari untuk berkembang dari meristem reproduktif hingga menjadi bunga mekar penuh, dimana perkembangan bunga terbagi menjadi enam tahap yang berbeda berdasarkan ukuran dan tampilan kuncup bunga.

Kemudian ilmuwan juga mengamati berat buah ajaib berubah ketika mencapai 40 sampai 60 hari setelah bunga mekar, ini menjelaskan persentase berbuah sangat rendah. Buah terbaik bisa dikembangkan dan dimatangkan selama 90 hari setelah bunga mekar. Penambahan nutrisi yang tepat dan pengelolaan air bisa menurunkan tingkat buah prematur dan mendapatkan hasil buah ajaib yang lebih besar. Pembuahan sangat disarankan untuk melalui penyerbukan serangga, penelitian lebih lanjut tentang penyerbukan ekologi masih dilakukan untuk mengidentifikasi penyerbuk.

Referensi

Miracle fruit's flowering, fruiting behaviors revealed, by American Society for Horticultural Science, publish 30 August 2016. Miracle Berry, image courtesy of Wikimedia Commons.
Manfaat Buah Ajaib, Pemanis Alami Mengobati Penyakit Diabetes Manfaat Buah Ajaib, Pemanis Alami Mengobati Penyakit Diabetes Reviewed by Suzy Amelya on 9/06/2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.